POPULAR STORIES

Jalur Mudik Yang Beragam, Begini Cara Taklukkan Tanjakan Dan Turunan

Jalur Mudik yang Beragam, Begini Cara Taklukkan Tanjakan dan Turunan Kipli

KabarOto.com - Berkendara sepeda motor dengan kondisi jalan tanjakan terjal atau turunan curam kerap mendapatkan perhatian lebih . Melewati jalanan tipe tersebut, perlu meningkatkan kewaspadaan dan keterampilan berkendara serta kondisi sepeda motor yang prima.

Safety Riding Development Section Head PT Daya Adicipta Motora, Ludhy Kusuma menjelaskan, pada dasarnya setiap pengendara wajib memahami teknik berkendara yang tepat, agar mampu menghadapi berbagai kontur dan kondisi jalan yang dilewati seperti tanjakan terjal dan turunan yang curam.

“Jika pengendara menemui turunan yang curam atau tajam, pastikan pengendara dapat memahami postur berkendara yang baik, pengereman yang maksimal hingga menguasai kondisi rute jalan yang akan dilewati,” ujar Ludhy. Berikut tipsnya.

Baca Juga: Kerap Disepelekan, Begini Cara Rawat Bagasi Sepeda Motormu

1. Postur berkendara yang tepat saat berkendara di jalur turunan, posisikan postur badan condong ke depan.

2. Kenali kondisi rute yang akan dilalui agar kita dapat mengantisipasi terlebih dahulu berbagai macam potensi bahaya selama di jalur yang akan dilewati.

3. Pastikan jari tidak menekan handle rem atau kaki kita tidak menginjak pedal rem secara terus menerus. Sehingga pada saat melewati jalan menurun, kondisi rem dapat digunakan dan berfungsi dengan baik disaat yang tepat.

4. Saat melakukan pengereman di jalanan menurun, tutup putaran gas dan dilanjutkan menekan handle rem dengan kondisi empat jari agar tekanan rem lebih maksimal.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Throttle Body Sepeda Motor Kesayangan Sobat

5. Untuk tipe motor sport cara mengerem ketika melewati turunan tajam, adalah dengan cara menekan rem secara perlahan dan diayun untuk menghindari roda mengunci.

6. Bila dirasakan pengereman kurang optimal, berhentilah atau menepi sejenak ketika melewati jalan turunan dengan rute yang panjang untuk mendinginkan rem depan dan belakang agar terhindar dari rem blong.

Selalu cek kondisi pengereman secara rutin dan lakukan perawatan berkala di bengkel terpercaya. Saat berkendara menggunakan sepeda motor gunakan selalu perlengkapan berkendara yang aman dan nyaman.