POPULAR STORIES

Jambore Nasional Forescom 2 Yogyakarta-Magelang

Jambore Nasional Forescom 2 Yogyakarta-Magelang Jambore Nasional Forescom 2 Yogyakarta-Magelang (Foto: Dok Forescom)

Kabaroto - Jambore Nasional ForESCom (Ford Ecosport Community) 2 Yogyakarta-Magelang Jambore yang bertajuk “Amazing Discovery of Indonesia” diikuti oleh 130 pemilik kendaraan Ford EcoSport dari berbagai wilayah (chapter) Indonesia yaitu Bogor, Bekasi, Tangerang, Jakarta, Bandung, Cirebon, Yogyakarta, Jawa Timur, Semarang dan Papua. Keluarga besar ForESCom yang ikut serta berjumlah 425 orang.

Seluruh peserta Jambore tiba di Hotel Sahid Jaya, Yogyakarta. Walau pun telah menempuh perjalanan jauh, tampak wajah-wajah semangat untuk mengikuti keseluruhan acara di Jambore ini. Perjalanan ini dikawal juga oleh mekanik beserta mobil service dari Ford Nusantara.

Jambore ini tidak hanya sekadar silaturahim antar pengurus ForESCom dan anggota/non anggota, tetapi juga turut aktif memperkenalkan objek-objek wisata di sekitaran Yogyakarta. Panitia Jambore menyelenggarakan perlombaan Amazing Race yang diikutioleh setiap Chapter. Setiap Chapter diwajibkan mengabadikan kegiataannya minimal di 3 objek wisata di sekitaran Yogyakarta dalam bentuk video dan foto-foto. Dari acara Amazing Race tersebut terungkap banyak sekali objek wisata di Yogyakarta yang menarik bagi wisatawan domestic maupun asing. Beberapa objek wisata tersebut antara lain Pantai Depok, Pantai Parang Tritis, Hutan Pinus Mangunan, Kebun Buah Mangunan, Jurang Tembelan, Gumuk Pasir, Keraton Paku Alaman, Dinding Breksi, wisata kuliner dan masih banyak lagi. Di sini tantangan bagi Chapter dalam managemen touring sekaligus berwisata bersama keluarga.

Pada malam harinya dilaksanakan Rapat Koordinasi Nasional Kedua ForESCom. Rapat ini diikuti oleh para pengurus dari tiap-tiap Chapter. Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Kedua diagendakan membahas rencana kerja ForESCom ke depan dan persiapan untuk pemilihan pengurus pusat ForESCom berikutnya.

Dan ada dua kegiatan Jambore yang menarik yaitu foto bersama di Lanud Adi Sucipto, Yogyakarta dan Kegiatan Bakti Sosial (Baksos) di Kulon Progo. Kegiatan foto bersama di Lanud Adi Sucipto merupakan kerjasama antara Forescom dengan Pangkalan TNI AU Adi Sucipto dalam rangka menyambut Jogya Air Show 2017. Pada sesi foto bersama tersebut diikutioleh 105 kendaraan Ford EcoSport, 1 Ford Focus dan 1 Ford Everest dan 3 pesawat latih milik TNI AU dengan formasi yang telah dipersiapkan sebelumnya. Dalam sesi foto ini, ForESCom juga turut memperkenalkan Jogja Air Show 2017 sebagai objek wisata tahunan di Yogyakarta.

Selanjutnya Kegiatan Baksos bekerjasama dengan Yayasan SOS Children’s Village yang diadakan untuk Program Penguatan Keluarga (Family Strengthening Program) yaitu dengan : pemberian ternak, pembelian mesin jahit sebagai alat usaha dan renovasi pusat belajar. Bagus Saptopo sebagai Ketua Pelaksana Jambore mewakili ForESCom memberikan bantuan dana yang merupakan sumbangan dari para sponsor dan anggota ForESCom. Pada kegiatan baksos ini juga dihadiri oleh RMA Indonesia sebagai pihak sponsor utama.

Siangnya, peserta Jambore telah bergerak menuju Magelang dan menginap di Hotel Grand Artos. Malam harinya Panitia menyelenggarakan Gala Dinner di Hotel Grand Artos, Magelang. Acara Gala Dinner ini berlangsung semarak. Selain acara makan malam dan hiburan musik, diselingi juga dengan pembagian doorprize dan hadiah bagi pemenang lomba foto, video dan lain-lain. Semua hadiah tersebut dipersembahkan oleh sponsor yang mendukung kegiatan Jambore ini antara lain : RMA Indonesia, Castrol Oil, Nusantara Group, AK Group, Arista, Akari Indonesia, Otomotif, Auto Bild, Mayora, Konimex, Inaco, Hotel Sahid Jaya (Yogyakarta), Hotel Grand Artos (Magelang).

Dudi Darmadi sebagai Ketua Umum ForESCom menyampaikan ucapan terima kasihnya atas dukungan para sponsor dan antusias para member ForESCom yang hadir mengikuti perhelatan tahunan ini. Event dimulai sejak Januari 2017, dengan tema “Jelajah Indonesia,” dengan kegiatan touring dan bakti sosial pra Jambore yang telah dilakukan oleh beberapa Chapter dan diakhiri dengan kegiatan puncak berupa Jambore Nasional 2 dan bakti social, menunjukkan semangat kekompakan dan kekeluargaan yang nyata dari keluarga besar ForESCom dan keperdulian sosialnya. Dudi Darmadi berharap, semoga ke depan ForESCom semakin solid dan lebih berkembang di seluruh Indonesia. Forescom....Maju Terus...Terus Maju !