POPULAR STORIES

Jangan Cuma Ganti Oli, Perawatan Mobil Rutin Bisa Deteksi Potensi Kerusakan

Jangan Cuma Ganti Oli, Perawatan Mobil Rutin Bisa Deteksi Potensi Kerusakan Servis rutin di bengkel resmi bisa melihat potensi kerusakan komponen mobil (Foto: KabarOto/Bimo)

KabarOto.com - Perawatan kendaraan harus dilakukan secara rutin, agar tetap prima dan nyaman saat digunakan. terkadang, pengguna mobil merawatnya hanya dengan mengganti oli saja. Itu dirasakan oleh mereka sudah cukup

Namun, Danang Pinandhitio, Servis Manager Auto2000 BSD City, Tangerang menyatakan, hal itu masih sangat kurang. Dibutuhkan perawatan secara berkala, atau memeriksa seluruh komponen secara keseluruhan.

Baca Juga: Auto2000 Resmikan Fasilitas GR Zone Pertama Di Jakarta Dan Tangerang

Hal itu, bisa mendeteksi potensi kerusakan. "Keuntungan servis berkala sesuai buku petunjuk bisa mendeteksi potensi kerusakan, bukan kerususakan ya, tapi potensinya," terang Danang, kepada KabarOto.com, belum lama ini.

Mekanik merawat kendaraan konsumen di bengkel Auto2000 (Foto: KabarOto)

Dengan begitu, dapat meminimalisir gangguan yang terjadi saat melakukan perjalanan di dalam kota maupun luar kota. "Kalau lagi pakai mobil untuk aktivitas, atau ke luar kota tetap nyaman, ga ada gangguan tuh, kalau potensi kerusakan pas servis sudah terlihat," tambahnya.

Potensi yang dimaksud adalah overheat, atau mesin mobil panas secara berlebihan. Temperatur tidak di panel meter terlihat tidak normal. "Misal di jalan tiba-tiba overheat, itu kan salah sau penyebabnya ada masalah di radiator," tambah Danang.

Dengan merawat kendaraan, kampas rem dan kaki-kaki bisa terdeteksi potensi kerusakan (Foto: KabarOto)

Selain itu, potensi lainnya adalah kampas rem habis, sehingga laju kendaraan tidak bisa dihentikan secara maksimal. Selain itu ban serep kempis, sehingga saat bocor di jalan, tidak bisa digunakan.

"Itu semua kan terjadi karena tidak dikontrol, kalau servis berkala dicek semua itu, potensi kerusakan dapat terjadi," papar Danang lagi.

Baca Juga: Jelang Akhir Tahun 2022, Auto2000 Tebar Promo Menarik Di 18 Mall

Perawatan rutin kendaraan menurut dia, juga bisa terhindar dari mengeluarkan biaya tidak terduga. "Perawatan rutin kendaraan bisa membuat kita terpancing untuk menghindar biaya tak terduga," tutupnya.