POPULAR STORIES

Jangan Gunakan Sandal Jepit Apalagi 'Nyeker' Ketika Mengemudi

Jangan Gunakan Sandal Jepit Apalagi 'Nyeker' Ketika Mengemudi Mengemudi menggunakan sandal jepit (Istimewa)

KabarOto.com - Masih banyak pengemudi mobil yang masih menyepelekan penggunaan alas kaki ketika mengemudi. Namun tahukah Anda, alas kaki dapat berpengaruh besar terhadap keselamatan ketika berkendara?

Memang tidak hanya itu saja, beberapa hal lainnya seperti posisi duduk, perilaku berkendara dan kesadaran diri turut mempengaruhi keamanan ketika mengemudi.

Sementara berbicara mengenai alas kaki, penggunaan sandal jepit masih sangat marak digunakan oleh para pengemudi. Alasannya lebih simpel digunakan. Nah, yang perlu diketahui adalah penggunaan sandal tersebut justru dapat menimbulkan bahaya, Sob!

Pasalnya jika menggunakan sandal, dapat mengakibatkan sensitivitas kaki berkurang terhadap pedal.

Baca juga: Lakukan 5 Hal Penting Ini sebelum Mengemudi

"Memang penggunaan sandal jepit masih marak digunakan para pengemudi. Tapi pengemudi itu harus tau kalau sol tidak menempel penuh dengan pedal, kecuali bagian ujungnya saja. Selain itu, penggunaan sandal pun akan merepotkan saat mengoperasikan pedal," ujar Director Training Safety Defense Consultant Indonesia (SDCI), Sony Susmana.

Mengemudi Menggunakan High Heels
Mengemudi Menggunakan High Heels

Selain penggunaan sandal, masih sering ditemui para pengemudi lebih memilih untuk tidak menggunakan alas kaki alias nyeker. Meski kaki bisa lebih merasakan feeling terhadap pedal-pedal, namun hal ini tetap saja berbahaya.

"Kalau pengemudi tidak menggunakan alas kaki itu juga berbahaya. Karena biasanya kan kaki suka berkeringat, yang membuat kaki terasa licin. Dan amit-amit ketika terjadi kecelakaan, apakah pengemudi akan mencari sepatu atau sandal dulu? Pasti akan keluar dengan menginjak pecahan kaca," pungkasnya.

Well, bagi Anda yang sering mengemudikan mobil, alangkah baiknya jika Anda menggunakan sepatu ketika mengemudi. Selain itu, disarankan untuk memilih sepatu dengan sol yang tipis. Sementara untuk wanita tidak disarankan ya, menggunakan high heels. Alangkah baiknya jika Anda menggunakan sepatu dengan tapak yang cenderung datar.

Berita Terkait

Berita Terkait