POPULAR STORIES

Jangan Lumasi Rantai Motor Dengan Oli Bekas

Jangan Lumasi Rantai Motor dengan Oli Bekas

Kabaroto.com - Rantai menjadi bagian yang vital pada motor. Rantai bertugas sebagai penggerak roda belakang motor. Agar terus prima, rantai motor tak boleh dalam keadaan kering.

Untuk menjaga kondisi rantai motor tidak kering, kita biasanya sering melumasinya dengan oli bekas, atau oli yang sudah terpakai. Lantas, apakah itu hal yang benar?

Melumasi rantai motor dengan oli bekas merupakan tindakan yang tidak tepat. Memberikan atau melumasi rantai yang kering dengan oli bekas justru akan memperpendek usia rantai. Itu karena oli bekas sudah tercampur dengan kotoran dari gesekan part-part di mesin.

Kita juga terkadang bingung dengan cara membersihkan tempat oli mesin pada saat melakukan pergantian oli berkala. Biasanya, cara membersihkannya adlaah dengan menyemprotkan angin ke dalam tempat oli.

Untuk menyemprotkan angin melalui lubang masukan oli mesin, pastikan angin yang keluar dari kompresor terlebih dahulu sudah tersaring (filter). Sehingga, angin yang keluar dari kompresor tidak mengandung kadar air. Jika angin yang bercampur dengan air masuk ke dalam mesin maka akan mempengaruhi performa mesin.

Kemudian agar sisa-sisa oli keluar lebih optimal, dapat dilakukan dengan menggunakan kick stater. Caranya dengan memposisikan kunci kontak di posisi off kemudian lakukan kick stater sebanyak 2-3 kali. Sampai oli di dalam mesin tidak keluar lagi.

Berita Terkait

Berita Terkait