POPULAR STORIES

Jangan Panik Saat Gas Motor Nyangkut, Ini Solusinya

Jangan Panik Saat Gas Motor Nyangkut, Ini Solusinya Gas nyangkut sangat bahaya (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Dari banyaknya masalah mekanisme mesin, mimpi buruk pengendara motor terutama yang berjenis matik adalah kabel gas yang tersangkut, hingga hilang kendali. Sebab ketika handle gas nyangkut, putaran mesin tidak terkontrol dan motor sulit untuk dikendalikan.

Meski sangat jarang terjadi, namun sebagai pengguna sepeda motor, khususnya matik harus tahu cara mengatasi ketika mengalami kejadian tersebut. Perlu kesabaran tidak panik untuk menanggapinya, agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan.

Nah, sambil berhenti, coba periksa kabel gas, lalu goyangkan sarung kabel gasnya. Lalu coba putar-putar handle gas. Kalau dirasa masih bisa lancar, ketika gas ditarik dan dilepas bisa otomatis kembali sendiri, silakan coba kembali hidupkan motor dan mainkan gasnya.

Baca Juga: Spidometer Motor Tiba-Tiba Tak Berfungsi? Mungkin Ini Penyebabnya

“Kalau dalam kondisi mesin motor menyala lalu naik turunnya putaran mesin sudah sesuai dengan uliran gas dan dirasa sudah normal, silakan lanjutkan perjalanan. Namun meski motor sudah dirasa normal untuk berkendara, tapi hal tersebut tetap terjadi. Perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut ketika nanti sudah sampai di lokasi tujuan,” kata Budi pemilik bengkel JMS, Jakarta Barat.

Tetapi Budi melanjutkan jika motor tidak bisa normal, putaran mesin masih meraung dan handle gas tidak mau turun secara otomatis, Anda perlu melakukan tindakan lebih lanjut, yakni mencari bengkel terdekat untuk dilakukan perbaikan.

Kejadian seperti ini biasanya akan terjadi pada bikers yang kurang merawat sepeda motornya, terlebih pada bagian spare part pengontrol putaran mesin tersebut.

Dan agar terhindar dari kejadian tersebut jangan lupa agar sering melakukan pengecekan dan lumasi kabel gas dengan menyemprotkan cairan pelumas seperti silicon spray atau penetran.