Jangan Sampai Korsleting, Begini Cara Mudah Merawat Lampu Sepeda Motor

Jangan Sampai Korsleting, Begini Cara Mudah Merawat Lampu Sepeda Motor Ilustrasi (Foto: Yamaha )

KabarOto.com - Lampu adalah salah satu komponen penting pada sebuah kendaraan, baik roda dua juga roda empat. Bisa menjadi alat penerangan saat melintasi jalan gelap. Selain itu, lampu juga menjadi salah satu syarat berkendara di jalan raya saat siang hari.

Namun, bagi pengguna motor lama, di bawah tahun 2020-an, kelistrikan di sepeda motor akan melemah. Hal ini menyebabkan lampu motor meredup, pandangan pengendara sedikit kurang saat berjalan di malam hari.

Baca juga: Tips Merawat D-CVT, Dua Hal Ini Harus Diperhatikan

Pemilik sepeda motor harus mengetahui sebab lampu motor redup. Main Diler Yamaha PT. Thamrin Brothers memberikan tips cara merawat lampu motor:

1. Air jangan masuk ke dalam lampu

Lampu harus tetap menyala, saat siang dan malam hari (Foto: Dok Yamaha)

Seluruh perangkat listrik tidak boleh terkena air. Hal itu karena cairan bisa menyebabkan terjadinya korsleting. Lakukan pengecekan kondisi batok penutup lampu, apakah sudah terpasang dengan baik. Kemudian pastikan tidak ada celah-celah berukuran lebar di sela-selanya.

2. Jaga kondisi pelindungnya

Merawat bagian pelindung, caranya berkendara dengan hati-hati, agar terhindar dari kecelakaan. Biasanya, kecelakaan membuat pelindung lampu atau batok motor rusak.

Memarkirkan motor di tempat teduh merupakan salah satu cara menjaga kondisi batok motor agar tidak cepat menguning dan dapat mengganggu penerangan lampu.

Baca juga: Doyan Touring Pakai Motor Matik? Simak Tips Ini

3. Modifikasi dengan matang

Modifikasi pada motor biasanya dilakukan termasuk bagian lampu. Dalam memodifikasi, harus diperhatikan dengan detail, jangan sampai terjadi korsleting di bagian kelistrikan.