Jarang Dipakai Gara-gara #Dirumahaja, Simak Cara Simpel Bikin Kondisi Mobil Tetap Oke

Jarang Dipakai Gara-gara #Dirumahaja, Simak Cara Simpel Bikin Kondisi Mobil Tetap Oke Foto: Kipli

KabarOto.com - Efek dari pandemi virus Corona atau Covid-19 saat ini membuat kendaraan Sobat Kabaroto tidak sering digunakan seperti sebelumnya. Oleh karena itu ada baiknya simak beberapa tips simpel dari PDV Detailing untuk menjaga kondisi kendaraan agar tetap prima ketika akan digunakan.

Perhatikan beberapa area di dalam kendaraan yang mungkin sering disentuh, area yang perlu dibersihkan, seperti setir dan tombol-tombolnya, handle pintu eksterior, konsol tengah, touchpad dan media display, handle pintu interior, tombol jendela, tombol pengaturan kursi.

"Kalau bersih-bersih interior pastinya pake all purpose cleaner, alat-alat umum lah biasanya, kain microfiber, lap basah, sabun," ujar Andri 'Lemonmon' selaku Owner PDV Detailing Serpong dan BSD.

Menurutnya, memang banyak kegiatan yang dapat membuat kita tetap produktif saat #dirumahaja, seperti menyalakan mesin setidaknya dua kali seminggu selama 10 menit. Hal ini bertujuan untuk mengisi ulang baterai kendaraan. Lalu, mencuci mobil secara teratur untuk menghilangkan debu dan menjaga kebersihannya.

Baca Juga: Begini Kondisi Jalan Kabupaten Tangerang Saat PSBB

Adapun kegiatan memindahkan mobil dari posisi parkir setidaknya sekali seminggu untuk mencegah terjadinya flat spots pada ban mobil. Tak kalah penting, buatlah sirkulasi udara dengan membuka kaca jendela serta bersihkan interior mobil dengan menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan debu atau kotoran yang berada di dalamnya.

"Bisa juga fogging anti bacteria, rata-rata yang beredar untuk kabin kendaraan sudah aman untuk manusia karena di test lab juga, bisa membunuh 99,9 persen virus dan bakteri," ujar pemilik BMW E30 supercharger itu.

Ia bilang, semua tergantung kebersihan sang pemilik kendaraan. "Barangkali pakaian yang menempel juga sudah terpapar virus, tapi kalau enggak dipakai dalam waktu 2-3 hari ya virusnya mati sendiri," kata pemukim kawasan BSD itu, "Mobil disimpan selama WFH enggak perlu sering fogging, kalau masih dipakai tiap hari dengan pemakaian wajar ya baiknya fogging dua minggu sekali," tutupnya.