POPULAR STORIES

Jelang Hari Nyepi, Daihatsu Ajak Wartawan Mencoba Mobil Konsep Ayla Turbo

Jelang Hari Nyepi, Daihatsu Ajak Wartawan Mencoba Mobil Konsep Ayla Turbo Daihatsu Ayla Turbo (KO/Edo)

KabarOto.com - Setelah menarik perhatian publik, dengan kemunculan pertamanya di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) tahun lalu. Akhirnya, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) memberi kesempatan kepada awak media untuk mencoba kemampuan mobil mungil tersebut.

Meski hanya duduk sebagai penumpang, namun KabarOto terkesan dengan performa Ayla Turbo saat dicoba di area Test Course yang merupakan salah satu fasilitas dari Research and Development (R&D) Center ADM, Karawang.

Gaspol di area Test Course Astra Daihatsu Motor

Daihatsu mengatakan, bahwa pembuatan mobil konsep Ayla Turbo ini didasari dari tren mesin turbo, kembali menjadi populer di mobil-mobil produksi beberapa pabrikan.

Selain itu, Ayla ini juga menjadi media unjuk gigi dari tim R&D Daihatsu di Indonesia dalam kemampuannya merancang bangun sebuah mobil, sekaligus memberikan inspirasi dalam memodifikasi kendaraan, khususnya yang menggunakan teknologi turbo.

Baca Juga: Profil - Grand New Daihatsu Xenia 1.3 X

"Sebagai ajang pembuktian kemampuan R&D ADM, maka mobil konsep Ayla Turbo ini dapat menjadi inspirasi bagi pelanggan, dan penggemar modifikasi, bahwa mobil Daihatsu bisa memenuhi hasrat modifikasi yang maksimal," ujat Pradipto Sugondo, R&D Executive Officer ADM.

Tim R&D Daihatsu di Indonesia

Modifikasi mobil konsep Ayla Turbo memiliki perubahan yang signifikan, meliputi pada bagian mesin, transmisi, exhaust system, bodi, suspensi, roda, dan yang utama tentunya adalah penyematan komponen turbocharger.

Bahkan dengan semua ubahan tersebut, mobil konsep Ayla Turbo ini diklaim sudah layak uji di sirkuit, serta sesuai dengan standar regulasi yang telah ditetapkan oleh Ikatan Motor Indonesia (IMI).

komponen penting peningkat tenaga

Melalui uji coba dan pengetesan mobil yang dilakukan oleh Daihatsu, mobil konsep Ayla Turbo memiliki luapan tenaga yang cukup besar, hingga 200 dk dengan torsi sebesar 242 Nm. Akselerasi dari posisi diam hingga kecepatan 100 kpj dapat ditempuh dalam waktu 10,3 detik.

Baca Juga: Daihatsu Duduki Peringkat Kedua Penjualan Retail Di Indonesia

Ada satu hal yang sangat asyik terdengar di telinga, yakni suara "cus" khas mesin turbo setiap perpindahan gigi, yang cukup nyaring dari blow off valve. Penasaran bagaimana rasanya ngebut dengan mobil ini serta detail modifikasinya? Simak terus ulasannya di KabarOto.

POPULAR STORIES