Jono Rotman Ungkap Sisi Lain Geng Motor yang Ditakuti di Dunia

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 02 Sep 2015 - 07:50
Jono Rotman Ungkap Sisi Lain Geng Motor yang Ditakuti di Dunia
Mighty Mongrel Mob, geng motor ini kabarnya yang paling ditakuti di dunia (Foto: Jono Rotman)

Taukah Bro and Sis siapa pemilik predikat geng motor paling ditakuti di dunia? Jawabannya Brotherhood Mighty Mongrel Mob. Tapi ada sisi lainnya, apa itu?

Geng motor asal di Selandia Baru ini dikenal karena rekam jejaknya yang sudah banyak di dengar di kalangan brotherhood jalanan lainnya karena profesi sampingan mereka yang sering beroperasi di dunia kriminal yang penuh dengan kekerasan bahkan juga mematikan.

Seorang fotografer bernama Jono Rotman berhasil mendapatkan kepercayaan dari geng motor tersebut dan berbagi profil dan foto-foto dari sosok-sosok berkarakter yang terdapat di geng motor ini.

Awalnya Rotman memiliki sebuah keinginan atau bisa dibilang sebuah proyek untuk mengungkap siapa saja para anggota geng ini dan kegiatan apa saja yang mereka lakukan.

Lambat laun, Rotman mulai mendapat kepercayaan mereka saat ia mengambil foto-foto suasana di penjara Selandia Baru. Ia menghubungi petugas yang dapat menjadi penghubung dirinya dengan geng tersebut.

“Saya berbicara dengan petugas sebagai penghubung yang memberi saya kontak dari seseorang yang menjembatani kesenjangan antara gang dan kehidupan sipil,” tutur Rotman seperti yang dikutip dari dailymail.

Sejak saat itu, Rotman mulai bepergian ke penjuru negeri, mengunjungi rumah-rumah dan klub, yang berisi ratusan anggota geng.

Dalam foto-foto yang diambil Rotman, tato di wajah mereka sebagai simbol pertentangan terhadap otoritas. Untuk itu, Rotman ingin masyarakat melihat foto-fotonya sebagai karya seni bukan semata-mata sebagai representasi kekerasan ataupun mengekspos geng tersebut.

Baca Juga: