POPULAR STORIES

Jurus Jitu Arif Reza Fahlepi, External Relation Head Corcom FIFGROUP

Jurus Jitu Arif Reza Fahlepi, External Relation Head Corcom FIFGROUP Corcom itu bagaikan Humas dalam bidang pemerintahan. Karena itulah saya harus membangun kepercayaan masyarakat terhadap FIFGROUP. (Foto: KabarOto/Abdi Kurniawan)

Pria yang satu ini mempunyai dua tugas di External Relation Head Coorporate Communication (Corcom) FIFGROUP. Tentunya di dalam menjalani kedua tugas pokoknya tersebut, Arif Reza Fahlepi kelahiran Jakarta, 30 September 1977 ini mempunyai jurus jitu untuk mengembangkan FIFGROUP. Bagaimanakah action alias jurus jitunya ini?

Dua tugas yang diembannya itu adalah secara internal dan eksternal. Pertama, secara internal, membangun hubungan yang sinergi antara dealer, vendor dan FIFGROUP. FIFGROUP di sini ‘mempayungi’ FIFASTRA dan SPEKTRA. FIFASTRA hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di bidang pembiayaan sepeda motor Honda.

Tentunya bekerjasama dengan ribuan dealer seluruh Indonesia. Sedangkan SPEKTRA melayani pembiayaan multi produk ‘home appliace’ seperti laptop, kulkas, AC, mesin cuci, TV, serta perabotan rumah tangga seperti furniture, lemari, maupun tempat tidur, dan juga gadget smartphone. Tugas sebagai Corcom alias Hubungan Masyarakat (Humas) internal perusahaan bukan hal yang mudah. Karena segala informasi yang menyangkut tentang FIFGROUP harus ia komunikasikan secara cepat dan tepat.

Tugas kedua secara eksternal yang diembannya, ia harus memberikan ‘image’ kepada masyarakat bahwa FIFGROUP merupakan perusahaan pembiayaan yang dapat dihandalkan, dipercaya dan dicintai.

“Corcom itu bagaikan Humas dalam bidang pemerintahan. Karena itulah saya harus membangun kepercayaan masyarakat terhadap FIFGROUP. Masyarakat atau pun customer agar lebih mencintai ‘company’ ini. Misalnya, dalam hal pelayanan kredit, FIFASTRA atau pun SPEKTRA harus memberikan informasi yang cepat tentang hasil keputusan kredit. Hanya dalam waktu 90 menit, dealer sudah bisa mengetahui apakah pengajuan angka kredit konsumennya tersebut disetujui atau tidak. ‘On Stop Service’ juga kami persembahkan di sini. Yang terpenting adalah komunikasi,” jelas pria yang hobi traveling dan olahraga ini.

Di dalam menjalani dua tugas tersebut Arif Reza Fahlepi tentunya mempunyai teknis yang tepat. Apa itu? Arrange, Relationship and Friendly jika disingkat ARF. Jurus jitu ini juga diambil dari inisial namanya ARF.

Arenge adalah sebuah pemetaan wilayah yang akan dikunjunginya. Relationship ini akan ia jalani bila telah mendapatkan wilayah yang akan dikembangkannya itu. Di dalam wilayah tersebut ia akan membangun dan meningkatkan relasi. Setelah relasi di dapatkannya, ia akan Friendly terhadap relasinya tersebut.

“Menurut saya, Friendly ini sangat tepat, relasi-relasi itu akan saya anggap sebagai sahabat. Tujuannya agar lebih dekat dan tidak ada jarak antara saya sebagai Corcom dengan relasi,” tutur Arif Reza Fahlepi yang gemar melahap menu favorit sayur asem, sambal mangga dan tempe goreng kepada kabaroto.

Baca Juga: