POPULAR STORIES

Kabin Penuh Lumpur Sehabis Off-road, Begini Tips Aman Biar Kembali Bersih

Kabin Penuh Lumpur Sehabis Off-road, Begini Tips Aman Biar Kembali Bersih Kabin mobil kotor terkena lumpur (Foto ilustrasi: Dok. Jeep Forum)

Kabaroto.com - Saat mobil 4x4 anda dipakai bermain lumpur di medan off-road. Pastinya tidak cuma exterior saja yang kotor, lumpur terbawa masuk ke kabin pun jadi hal biasa. Kegiatan ini memang identik bikin semua bagian mobil kotor.

Untuk membersihkan interior sehabis off-road, kita langsung bahas bareng Dennis Imanuel dari MMC (Maniac Mesin Cilong) 4x4 Pejaten Barat, Jakarta Selatan. Bengkel ini spesialis membangun Jimny dan juga bikin mobil kinclong. Nah, berikut tips yang dilakukan saat interior dibersihkan setelah off-road.

"Paling utama copot semua jok mobil. Supaya mudah bersihkan seluruh lantai kabin mobil. Juga jok mobil dibersihkan terpisah bila kotor," buka Dennis Emmannuel, pemilik bengkel MMC 4x4.

Mobil off-road berlumpur
Melewati medan seperti ini berpotensi lumpur masuk kabin

Ketika kabin sudah kosong, tutup kompartemen penyimpanan, dashboard. Dan bagian interior yang terdapat kelistrikan dengan plastik atau karet penutup kedap air.

Agar menghindari genangan air di beberapa kompartemen penyimpanan dan kerusakan kelistrikan di interior mobil saat lantai kabin disiram.

Kemudian bersihkan lantai kabin dengan semprotan air tekanan tinggi, untuk mengangkat tanah atau lumpur yang mengering. "Tidak apa-apa bagian dalamnya disemprot selama area kelistrikan tertutup, karena prinsip saya habis off-road harus bersih total luar dan dalam," kata pria yang sedang menjalani program diet ini.

Bersihkan interior paska off-road
Saat semua bagian jok terlepas lebih mudah bersihkan interior yang kotor karena lumpur

Lalu sikat seluruh bagian sela lantai kabin seperti dudukan jok, rel sliding jok. Serta area kaki penumpang dan pengemudi dengan bantuan sabun cuci piring atau sampo khusus mobil.

Setelah dinilai bersih, keringkan dengan lap chamois dan dengan bantuan kompresor angin untuk membantu mengeringkan area yang sulit dijangkau.

Jika jok mobil kotor, untuk bahan kulit cukup mudah karena hanya dibilas dengan air dan dilap dengan chamois kotoran akan terangkat. Agar awet bisa gunakan cairan khusus perawatan jok kulit.

"Yang bikin repot bahan jok fabric, kalau kotor mau tidak mau dibasahi dan harus dijemur dulu selama beberapa waktu sampai kering," ujar Dennis.

Bila bagian kabin dan jok sudah bersih, jangan langsung dipasang dulu. Semprot bagian logam, baut, dan engsel seperti dudukan jok, baut dudukan, dan pedal dengan cairan pelumas atau cairan silikon agar tidak berkarat. Selamat mencoba!