POPULAR STORIES

Kapolda Metro Jaya: Rayakan Malam Kemenangan Di Masjid Akan Lebih Hikmat

Kapolda Metro Jaya: Rayakan Malam Kemenangan di Masjid Akan Lebih Hikmat Irjend Polisi Drs. H.M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D (foto:youtube.com)

Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Drs. Tito Karnavian melarang warga Jajaran wilayah hukum Polda Metro Jaya untuk melakukan konvoi di malam takbir Hari Raya Idul Fitri.

Kapolda Metro Jaya mengatakan pelarangan tersebut dilatarbelakangi adanya sejumlah kasus pelanggaran hukum dan keamanan ketertiban masyarakat yang terjadi sepanjang malam di Bulan Ramadhan tahun ini. "Pelanggaran lalu lintas pada Sahur On The Road ini sudah mengarah ke kegiatan konvoi sampai melakukan pelanggaran pidana, seperti di jalan Jenderal Sudirman terjadi tawuran lalu di Mampang juga dengan pelakunya peminum miras dan pengguna senjata tajam," ungkap Kapolda Metro Jaya dalam keterangan persnya di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Rabu (15/7).

Untuk itu Kapolda Metro Jaya meminta agar warga jajaran wilayah hukum Polda Metro Jaya tak melakukan takbiran di jalan umum. Menurutnya lebih baik malam takbiran di hikmati dengan khusyuk dan tertib dengan beribadah seperti di lapangan atau masjid.

Kapolda Metro Jaya menambahkan, dalam menjaga situasi kondusif pada malam takbiran Idul Fitri, pemerintah akan menurunkan sejumlah pihak seperti Polri, TNI, Kodam, Satpol PP, Dinas Perhubungan, Majelis Ulama Indonesia, hingga jajaran petugas medis.

"Kita mendukung pelaksanaan takbiran karena ini adalah malam yang suci dalam rangka merayakan kemenangan tapi kami akan tindak tegas pelanggaran aturan lalu lintas melalui konvoi," tegas Kapolda Metro Jaya.

Sementara itu adanya perkelahian gerombolan bermotor yang mengakibatkan satu orang menjadi korban meninggal dunia dikatakan Kapolda Metro Jaya menjadi perhatian tersendiri bagi pihaknya terkait malam takbiran.

"Kita juga melihat ada perkelahian korban gerombolan bermotor mengakibatkan satu orang meninggal, mayatnya ditemukan di selokan Masjid Istiqlal pada Sabtu (11/7) lalu," imbuh Kapolda Metro Jaya.

Diimbau pula oleh bahwa Kapolda Metro Jaya telah melokalisir agar masyarakat yang berasal dari kota-kota penyangga DKI Jakarta, seperti Tangerang, Bekasi, dan Depok tak memenuhi jalan raya di Ibu Kota saat berlangsungnya malam takbiran.

"Kami juga akan lakukan pengetatan ketertiban dengan menganjurkan pengguna jalan tidak naik membawa penumpang pada truk mobil terbuka," tandas Kapolda Metro Jaya.

Baca juga:

  • Kapolda Metro Jaya: Gelar Patroli Rutin Selama Ramadan