Kawasaki Recall W175 Di Vietnam Karena Masalah Ini

Kawasaki Recall W175 di Vietnam Karena Masalah Ini

KabarOto.com - W175 merupakan motor berkonsep klasik modern yang menjadi penopang penjualan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) di Indonesia. Terlihat di beberapa pameran seperti Jakarta Fair Kemayoran dan GIIAS 2019, motor ini menjadi yang terlaris dibanding model yang lainnya.

Namun kabar menghobohkan baru-baru ini terdengar. Di Vietnam, sebanyak 66 unit Kawasaki W175 tahun produksi 2018 dilakukan pemanggilan kembali (recall) karena terdapat masalah pada bagian poros engkol atau crankshaft. Bagian ini jika dibiarkan lebih lama dapat menimbulkan bunyi gesekan pada sisi kiri mesin saat motor dijalankan.

Getaran dan gesekan yang terjadi lambat laun akan menyebabkan mur longgar, sehingga rantai selip dan terjadi pergeseran gigi secara mendadak.

Baca Juga: Baru Meluncur 2 Pekan Di Jakarta Fair, Kawasaki KLX 230 Laku Puluhan Unit

Kawasaki W175 yang beredar di Vietnam produksi Indonesia.

Bagaimana dengan nasib Kawasaki W175 di Indonesia? Head Sales & Promotion KMI, Michael C Tanadhi mengatakan jika unit yang dijual di Indonesia sangat berbeda dengan Vietnam. Sementara di Vietnam kode mesinnya hampir sama tapi sangat berbeda dengan di Indonesia.

Namun Michael mengaku, jika W175 yang beredar di Vietnam berasal dari pabrik PT KMI di Indonesia. "Betul itu ekspor, tapi speknya kami bedakan," jelasnya. Menyusul adanya kerusakan pada komponen tersebut di Vietnam, sampai saat ini KMI belum memberi jawaban terkait pemeriksaan atau pengecekan kembali terhadap W175 di Indonesia.

Indonesia sendiri merupakan negara base production W175 yang diekspor ke Vietnam, Thailand dan Filipina. Persentasenya sekitar 10-20 persen ekspor untuk ketiga negara tersebut.

Baca Juga: Kawasaki Siapkan Warna Dan Striping Baru Untuk W175

Motor yang diperkenalkan pada tahun 2017 lalu ini memiliki panjang 1.930 mm, lebar 765 mm dan tinggi 1.030 mm. Kawasaki W175 dibekali dengan mesin 4-tak 177 cc yang sanggup mengeluarkan tenaga sampai 13 dk dengan torsi 13,2 Nm.

Motor ini sangat laku, berdasarkan data KMI di salah sat pameran Jakarta Fair Kemayoran Kawasaki Kawasaki W175 menjadi favorit dengan menyumbangkan 40 persen penjualan dari seluruh model.

Motor ini juga selalu menjadii incaran modifikator Indonesia untuk diubah bentuknya menjadi lebih keren. Presiden Jokowi juga menggunakan W175 hasil garapan Katros Garage. Ia menggunakannya untuk koleksi dan riding ke beberapa tempat di Indonesia.