POPULAR STORIES

Kawasaki Vulcan S Sudah Dibuat Tiruannya

Kawasaki Vulcan S Sudah Dibuat Tiruannya Jika Ming JM500 (bermotor.com.cn)

KabarOto.com - Tampaknya, pabrikan asal Cina semakin berani dalam menciplak kendaraan bermotor. Setelah beberapa waktu lalu mobil dari pabrikan terkenal berhasil dibuat kloningannya, kini motor Kawasaki Vulcan S pun dibuat tiruannya.

Dilansir dari Newmotor, Minggu (13/5), kembaran Kawasaki Vulcan S yang dibuat oleh Ji Ming itu diberi nama JM500. Sekilas, bentuknya memang sama, namun ada beberapa fitur jika diperhatikan sangat berbeda dari aslinya.

Kawasaki Vulcan S (newmotor.com.cn)

Secara desain, keduanya sama-sama mengusung genre motor cruiser. Selain itu, tipe sasis Ji Ming JM500 mirip dengan Kawasaki Vulcan S. Bahkan, konfigurasi suspensi belakang offset mono-shock khas Kawasaki juga ditiru. Menariknya lagi, tampilan headlamp, knalpot, speedometer, dan jok, serta velg pun serupa.

Hanya saja, Ji Ming JM500 masih menggunakan swing-arm belakang konvensional. Sedangkan, Kawasaki Vulcan S telah dibekali stabilizer. Tak hanya itu, desain buritan motor pun dibuat berbeda.

Ni Ming JM500 (newmotor.com.cn)

Meski terbilang 'kloningan', spesifikasi Ji Ming JM500 tak bisa diremehkan. Kaki-kaki depan dan belakang motor ini berukuran 130-70 R18 dan 160/60 R17 lebih besar dari Kawasaki Vulcan S. Bahkan, koplingnya telah menggunakan sistem hidrolik layaknya moge sport. Tak hanya itu, headlamp motor ini sudah menggunakan projector dan dilengkapi LED-DRL.

Beralih ke sektor dapur pacu, Ji Ming JM500 mengusung mesin 2-silinder inline 458cc berpendingin cairan yang hanya menghasilkan tenaga sebesar 35,5 dk dan torsi 35 Nm. Angka tersebut masih jauh di bawah Kawasaki Vulcan S yang berkubikasi 649cc dengan power 60 dk.

Ni Ming JM500 (newmotor.com.cn)

Di Tiongkok, Ji Ming JM500 dibanderol layaknya motor sport fairing 250cc di Indonesia, CNY25.600 atau sekitar Rp56 jutaan. Harga jual itu jauh lebih murah dari Kawasaki Vulcan S yang dibanderolRp170 jutaan.

Berita Terkait

Berita Terkait