POPULAR STORIES

Kementan Berhasil Kembangkan Biodisel B-100

Kementan Berhasil Kembangkan Biodisel B-100 Toyota Hilux yang sudah menggunakan Bio Diesel B100

KabarOto.com - Kementerian Pertanian (Kementan) berhasil mengembangkan bahan bakar B- 100 yang berasal dari kelapa sawit. Amran Sulaiman selaku Menteri Pertanian mengatakan, ”Impian Indonesia ciptakan biodisel B100 dari CPO (Crude Palm Oil -red) berhasil terwujud. Bahan bakar yang berasal dari 100 persen CPO dengan rendemennya 87 persen ini masih terus dikembangkan. Semua tidak ada campuran.”

B100 memiliki keunggulan, bahan bakar ini lebih efisien 40 persen dibanding bahan bakar fosil. Amran membandingkan, jika menggunakan solar, 1 liter hanya dapat menempuh jarak 9,4 kilometer, sedangkan dengan menggunakan B-100 1 liter bisa menempuh jarak sampai 13 kilometer per liter.

Baca Juga: Kilang RU III Pertamina Dipastikan Siap Produksi Biodiesel B20

Caption

Penggunaan B100 diyakini Amran akan lebih murah, ramah lingkungan, dan dapat mensejahterakan petani sawit, serta tentunya menghemat devisa. Karenanya, adanya B100 ini dipastikan dapat memperkuat ketahanan energi nasional. "Kita punya CPO 38 juta ton. Kita ekspor 34 juta ton. Bisa bayangkan kita bisa menghemat berapa triliun. Ini adalah energi masa depan indonesia," terang Amran.

Baca Juga: Pertamina Sudah Jalankan Mandatori B20 Sebesar 80 Persen

Ke depan, lanjut Amran, B100 ini mungkin akan diproduksi untuk digunakan masyarakat umum. Namun demikian, hal ini membutuhkan waktu dan kerja keras dan bersama semua pihak. "Kita optimalkan CPO. Produksi CPO kita 46 juta per tahun. Kita yang mensuplai dunia," tutup Amran.