Kenali Arti Angka dan Huruf yang Ada di Ban Mobil

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 27 May 2015 - 07:00
 Kenali Arti Angka dan Huruf yang Ada di Ban Mobil
Perhatikan angka dan huruf yang terdapat di ban mobil. Huruf dan angka tersebut mempunyai arti (Foto: Istimewa)

Ban merupakan hal penting di dalam berkendara. Ban juga memiliki beragam spesifikasi yang terkadang membingungkan konsumen dalam menentukan pilihannya. Sebelum menentukan pilihannya pada produk ban, sebaiknya Bro and Sist sudah mengetahui, ban yang akan dibeli nanti kebutuhannya untuk apa. Berikut Tipsnya.

Tentukan kebutuhan penggunaan ban yang akan Anda beli terlebih dahulu. Misalnya, produk yang akan dibeli ini nantinya akan dipergunakan untuk aktivitas sehari-hari. Standar ban tersebut akan berbeda dengan standar yang akan digunakan pada ajang kompetisi.

"Ban yang menghasilkan kinerja optimal terhadap mobil yang digunakan adalah ban yang direkomendasikan oleh manufaktur atas dasar berbagai perhitungan. Untuk mengetahui tipe dan ukuran ban yang direkomendasikan oleh manufaktur kendaraan, cek di buku manual mobil yang bersangkutan atau pada bagian plakat yang melekat pada area sisi pintu," ucap Anton, pemilik Wigna Ban Depok.

Ia juga mengatakan bahwa konsumen harus mengetahui terlebih dahulu angka-angka yang ada di ban tersebut. Angka-angka tersebut tentunya mempunyai arti. Contoh 195/55/R15. Angka 15 menunjukkan ukuran diemeter velg dalam satuan inchi. Angka 195 menunjukkan ukuran lebar ban dengan satuan milimiter. Angka 55 menunjukkan ukuran aspek ratio untuk ketebalan ban, persen dari lebar telapak ban.

Baca Juga: