POPULAR STORIES

Kenali Gejala Kerusakan Pada Mobil Matic, Ini Penyebabnya

Kenali Gejala Kerusakan Pada Mobil Matic, Ini Penyebabnya Anda harus mengenali gejala kerusakan pada mobil matic. (Foto: Istimewa)

Jika Bro and Sist punya mobil transmisi matic tentunya tidak mau hanya Cuma menjadi pengguna yang menyetir saja. Namun Anda harus tahu kondisi mobil Anda kapan pun dan dimanapun, ada gangguan atau tidak pada mobil Anda. Nah untuk mengetahui apakah ada gangguan atau tidaknya di kendaraan Anda ini, marilah kita kenali gejala awal kerusakan di mobil sistim transmisi matic.

Anda tentu tidak mau saat dikendarai mobil matic tersebut rusak di tengah jalan. Maka Anda harus mengenali gejala kerusakan pada mobil matic. Kabaroto bersama Sapto mekanik senior dari AFI motor memberikan ciri-ciri mobil sistim transmisi matic yang mengalami kerusakan.

Tuas Gigi Sulit Dipindahkan
Ini bisa umumnya terjadi jika switch sistim transmisi otomatis mobil sudah mulai rusak. Kerusakan terjadi saat pengemudi baru menaiki dan posisi transmisi sulit atau tidak bisa dipindahkan saat akan digunakan karena posisi tuas gigi tersangkut dan tidak dapat pindah dari mode Parking. Meski pada akhirnya bisa dipindah namun Anda harus langsung memperbaikinya supaya tidak semakin parah.

Gigi Tidak Bisa Berpindah
Meski tuas berpindah, namun gigi tidak bisa berpindah, ini salah satu kerusakan yang terjadi. Ini biasanya terjadi karena adanya gangguan pada kabel gearbox.

Sentakan Saat Perpindahan Gigi
Sistim transmisi matic mobil terbaru sudah canggih dan modern, perpindahan giginya sangat halus, namun saat perpindahan gigi ada sentakan yang membuat mobil seperti terdorong itu patut dicurigai pada sistem transmisi matic tersebut.

Terjadi Getaran di Mobil
Terjadi getaran yang tidak biasa pada mobil Anda, bukan dari mesin yang sedang menyala, tapi bisa jadi dari kanvas kopling yang ada pada mobil sudah haus. Kanvas kopling menjadi tidak halus atau rata dan menimbulkan gesekan pada amplas kopling tersebut. Ini membuat Anda akan merasakan getaran pada mobil.

Gigi Mundur Sulit 
Gejala yang terparah diantaranya adalah sulit menggunakan gigi mundur. Ini karena ada kerusakan pada sistem mekanis transmisi otomatis mobil dan bisa juga karena tuas gigi mundur telah rusak.

 

Baca Juga: