POPULAR STORIES

Kenali Kerusakan Mobil Melalui Warna Asap Knalpot

Kenali Kerusakan Mobil Melalui Warna Asap Knalpot

Kabaroto.com - Anda kini tidak perlu repot-repot untuk mengetahui kerusakan pada mobil. Kerusakan pada mobil bisa dideteksi melalui warna asap yang keluar dari knalpot.

Seperti dilansir Auto Evolution, Rabu (5/7/2017), asap berwarna putih menandakan adanya air yang mengalir di sistem knalpot. Dengan demikian, mobil Anda boleh jadi mengalami masalah pada timing pompa bahan bakar.

Jika asap knalpot yang keluar berwarna agak kebiruan, itu menandakan tercampurnya oli pada ruang bahan bakar. Ketika warna asap seperti ini terlihat pada saat mesin dinyalakan dan berakselerasi, ini menandakan ring piston mobil Anda perlu secepatnya diganti.

Asap berwarna hitam memberikan informasi tidak sempurnanya pembakaran, pada mesin bensin biasanya disebabkan oleh campuran bahan bakar yang terlalu banyak, sehingga mesin perlu disetel kembali.

Sedangkan pada mesin diesel lama, asap berwarna hitam bisa akibat pembakaran. Hanya saja, mesin diesel modern harus diperiksa jika mengeluarkan asap hitam pekat.

Terakhir, asap berwarna abu-abu menandakan beberapa gejala, seperti rusaknya katup PCV (Positive Crankcase Ventilation) hingga rusaknya kepala silinder.

Berita Terkait

Berita Terkait