Kenapa Cat Motor Cepat Kusam, Berikut Alasannya

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 07 Sep 2015 - 02:23
Kenapa Cat Motor Cepat Kusam, Berikut Alasannya
Ilustrasi: Seseorang sedang poles cat agar kinclong (Foto: Istimewa)

Tentunya motor yang Bro and Sist miliki harus dipelihari dan dirawat keberadaannya. Namun bila Bro and Sist sibuk ataukah malas sehingga roda dua Anda tersebut tidak bertahan dalam perawatan, cat motor pun terlihat kusam. Lalu, apa sih yang membuat cat motor cepat kusam? Yuks intip alasannya.

Penyebabnya jelas ada beberapa faktor yang buat cat motor Bro and Sist gampang kusam dan dekil. Berdasarkan tulisan yang dikutip dari welovehonda.com, ada empat faktor yang bisa membuat cat tersebut pudar.

Pertama yang membuat cat motor terlihat kusam plus dekil adalah debu yang kelamaan menempel di body motor. Jangan remehkan debu yang lama menempel ini karena jika debu kelamaan menempel akan buat daya kilap plastik semakin berkurang. Iya hal inilah yang membuat motor cepat kusam plus kelihatan dekil. Untuk dari itu berikan waktu luang sesempetnya untuk mencuci motor secara rutin.

Alasan kedua karena cuaca. Misalnya, lagi panas Bro and Sist memarkirkan kendaraannya dibawah terik matahari. Ini akan buat lapisan pelindung cat motor rusak sehingga menjadikan warna motor menjadi kusam. Lebih baik kalian parkir motor yang sedikit teduh ataupun di dalam ruangan sehingga lebih aman dari sinaran matahari.

Selain panas, kehujanan pun dapat menjadikan warna motor cepat kusam. Polusi udara yang ada di daerah perkotaan bikin kondisi air hujan jadi makin asam. Tentunya berpengaruh ke cat motor Bro and Sist. kabarnya, air hujan juga bisa mempercepat proses korosi pada bagian logam, seperti pada mesin dan sasis. Jika udah terlanjur kehujanan cepat bilas motor dengan air bersih agar warna cat motor tetap terjaga dan awet.

Dan, terakhir yang kudu diperhatikan adalah hati hati dengan yang namanya minyak rem. Cairan rem memang sangat penting fungsinya untuk pengereman. Namun minyak rem adalah salah satu musuh cat. Jika terlanjur terkena cipratan minyak rem di bodi motor, harus langsung cepat-cepat dibilas. Semoga bermanfaat.

Baca Juga: