POPULAR STORIES

Kerusakan Fatal Jika Honda Beat Dipaksa Berjalan Tanpa Aki

Kerusakan Fatal Jika Honda Beat Dipaksa Berjalan Tanpa Aki

Kabaroto.com - Mesin motor Honda Beat memang masih bisa menyala meski tanpa accu (aki). Namun jika terus dibiarkan berjalan tanpa aki, akan ada kerusakan parah yang menanti.

Unit sepeda motor Honda Beat menggunakan sistem pengapian AC. Dengan demikian, sistem kelistrikan motor ini bergantung kepada spull yang digerakkan oleh engkol mesin Sistem kelistrikan ini akan mengikuti putaran mesin.

Pada sistem pengapian AC, mesin masih bisa menyala jika aki dicopot. Itu karena Honda, selaku produsen motor Beat, sudah melakukan setting jika arus DC dari aki tidak ada, soull secara otomatis akan mengirimkan arus ke kiprok. Kemudian, dari kiprok diteruskan ke CDI dan lampu.

Dengan cara ini, mesin motor memang masih bisa hidup. Namun, arus listrik yang dikeluarkan spull tidak akan sestabil seperti yang dikeluarkan aki. Hal ini membuat mesin berebet dan lampu menjadi redup ketika rpm motor rendah.

Kondisi ini dikarenakan ketergantungan dari putaran mesin, semakin tinggi rpm semakin stabil mesin dan nyala lampu semakin terang.

Tidak adanya aki akan menyebabkan beban kerja kiprok menjadi lebih banyak. Hal itu menyebabkan kiprok dan spull cepat rusak. Hasilnya, mesin akan sulit untuk dihidupkan.

Berita Terkait

Berita Terkait