POPULAR STORIES

Keunggulan Aki Kering Dan Basah

Keunggulan Aki Kering dan basah aki kering dan aki basah memiliki kelebihan dan kekurangan. (foto: istimewa)

Aki merupakan komponen yang sangat penting pada sebuah kendaraan. Dari aki semua sistem kelistrikan yang ada pada kendaraan bermotor bisa berjalan. Namun banyak pengguna yang tidak pernah merawatnya, diantaranya mengisi rutin air aki. Saat ini aki kering pun hadir untuk pengguna yang ingin praktis tanpa harus mengisi air aki.

Namun banyak yang tidak mengetahui secara mendalam perbedaan keduanya, aki kering dan aki basah memiliki kelebihan dan kekurangan. Berikut Legoso aki memberikan informasi perbedaan aki kering dan aki basah serta kelebihan dan kekurangannya.

Aki Basah
Aki basah bagiannya transparan sehingga bisa dilihat batas pengisian. Menggunakan aki basah mengharuskan anda harus sering mengecek danmengisi air, karena aki basah bisa menguap akibat panas dari sel sel baterai ketika kondisi pengisian dan suhu disekitar baterai. Aki basah lebih cocok digunakan pada iklim tropis seperti di Indonesia.

Aki kering
Aki kering tidak menggunakan cairan elekronik. Aki kering menggunakan semacam gel, penguapan dari gel aki kering sangat minim sehingga kualitasnya jarang sekali berkurang dari level normal. Kalau berkurang, biasanya setelah waktu yang lama sekitar 1 sampai 1,5 tahun.

Aki kering memiliki kelebihan yaitu tidak perlu mengecek dan mengisi air. Aki kering cocok bagi pengendara yang malas mengisi air aki yang berkurang. Dari harga aki kering lebih mahal disbanding aki basah. Kesimpulanya, bagus mana, aki kering atau aki basah ?