POPULAR STORIES

Keuntungan Pakai Karbon Fiber Untuk Modifikasi Bodi

Keuntungan Pakai Karbon Fiber untuk Modifikasi Bodi Modifikasi menggunakan karbon fiber.

KabarOto.com – Bagi para pecinta modifikasi motor atau mobil, pasti sudah tidak asing dengan bahan yang satu ini: karbon fiber. Bahan karbon fiber banyak digunakan oleh modifikator untuk menggantikan part dari bodi atau panel interior agar terlihat lebih mewah dan sporty.

Bahan karbon fiber memiliki motif serat seperti dirajut yang membuatnya terlihat lebih keren jika dibandingkan dengan fiber biasa. Dan juga bahan ini banyak dipakai mobil-mobil sport karena bahannya yang ringan serta kuat.

Sedikit sejarah soal karbon, Pada tahun 1965 Stephanie Kwolek dan Herbert Blades melakukan riset dan menghasilkan serat fiber yang kuat, ringan dan fleksibel.

Perusahaan tempat mereka melakukan riset adalah DuPont dan technology fiber tersebut dikenal sebagai Kevlar®.

Bahan Kevlar sangat fleksibel dan dapat digunakan dalam berbagai dimensi barang-barang. Mulai pada awal 1970-an kevlar pun diproduksi untuk banyak lapisan kebutuhan industri di dunia, misalnya kebutuhan luar angkasa, militer, dan tentunya otomotif.

“Bahan karbon fiber punya komposisi seperti anyaman dari bahan serat karbon asli. Jadi bahan itu bisa dibuat lebih kuat dan ringan daripada fiber biasa,” kata Piponk dari Aeromotive Industry kepada KabarOto.com.

“Semua bidang bisa dibuat carbon sebenarnya. Misalnya kalau di mobil, mulai dari bodi, cover spion, spoiler, hingga bagian interior, bisa dilapis karbon,” lanjut Piponk.

Untuk lama pengerjaan melapis karbon fiber atau membuat part dari karbon fiber memiliki rentang waktu yang berbeda, tergantung kesulitan pada bidang yang dilapis atau dibuat, dan juga cuaca.

“Salah satu kekurangan dari karbon ialah, saat membuat part yang memiliki kancingan seperti bemper, itu tidak bisa dibuat full karbon” ujar Piponk.

Dan juga bagi yang bertanya apakah karbon fiber bisa direparasi bila rusak, jawabannya adalah “bisa” tergantung bagaimana kondisinya.

Di Aeromotive juga bisa membuat part dengan fiber, jadi tidak hanya menggunakan karbon fiber.

Untuk biaya dan sebagainya bisa sobat Kabaroto tanyakan langsung ke Aeromotive Industry yang beralamat di Jl. KH. Wahid Hasyim No 98-100, Babakan Asih, Bojongloa Kaler, Bandung. Atau bisa cek Instagram dari aeromotiveindustry. (ded)

Berita Terkait

Berita Terkait