KIA Gelontorkan US$ 2 miliar Untuk Teknologi Baru "DRIVE WISE"

Acrul Affandy
Acrul Affandy 20 Jun 2016 - 04:11
KIA Gelontorkan US$ 2 miliar Untuk Teknologi Baru "DRIVE WISE"
Program ‘DRIVE WISE’ KIA menerapkan filosofi Kia dalam mewujudkan kendaraan cerdas dan aman di masa depan. (Foto: Istimewa)

Kia Motors memperkenalkan peluncuran program terbaru, ‘DRIVE WISE’, yang mencakup Advanced Driver Assistance System masa depan. DRIVE WISE menerapkan filosofi Kia dalam mewujudkan kendaraan cerdas dan aman dengan menampilkan teknologi terbaru Kia dan teknologi ADAS masa depan. Baru-baru ini Kia mengumumkan rencana untuk memproduksi kendaraan partially autonomous di tahun 2020 dan bermaksud untuk membawa kendaraan fully-autonomous ke pasar pada tahun 2030.

Memulai debutnya di Consumer Electronic Show 2016 (CES) di Las Vegas pada tanggal 6-9 Januari 2016, teknologi Drive Wise yang inovatif sedang dalam pengembangan. Diciptakan untuk mengembangkan keselamatan seluruh pemakai jalan, DRIVE WISE membuat Kia dapat memperkenalkan teknologi keamanan yang cerdas pada tipe model masa depannya, membantu untuk mengurangi potensi berbahaya dan kebosanan saat berkendara dan juga mengurangi rasa bosan dalam bekendara.


Interaksi Kendaraan Generasi Terbaru

Teknologi DRIVE WISE juga memfasilitasi komunikasi dan interaksi antara pengemudi dan kendaraan dengan inovatif fungsi baru Human Machine Interface (HMI) , seperti gesture control, fingerprint sensors dan smart-device connectivity.

Ditampilkan dalam layar I-Cockpit khusus di CES , generasi terbaru HMI dari Kia ini didasarkan pada konsep ‘blind control dengan fingerprint touchpad dan gesture recognition yang digunakan untuk mengoperasikan kontrol mobil. Secara otomatis mengenali preferensi pengemudi pada saat start up – berdasarkan sidik jari atau smartwatch pengemudi- mobil dapat segera merubah suasana kabin untuk pengemudi sesuai dengan musik kesukaan mereka, suhu ac yang lebih disukai serta jenis informasi yang ditampilkan pada panel instrumen.

Bahasa tubuh pengemudi dikenali oleh I-Cockpit jika mereka ingin mengubah pengaturan apapun dalam kabin, tanpa harus menjauhkan mata mereka dari jalan di depan.

Dana yang diinvestasikan oleh Kia sejak awal sebesar US$ 2 miliar pada tahun 2018 memungkinkan perusahaan untuk mempercepat pengembangan teknologi baru DRIVE WISE. Nevada, salah satu negara bagian Amerika Serikat baru saja diberikan lisensi khusus untuk menguji teknologi baru di jalanan umum. Semua kendaraan listrik Kia Soul EV (mobil listrik pertama yang dijual secara global oleh perusahaan) bertindak sebagai alat pengujian merek untuk pengembangan teknologi Drive Wise generasi terbaru, yang dibutuhkan untuk jalan-jalan di sekitar Death Valley.

Baca Juga: