Kick Starter Mendadak Ngelos, Ini Penyebab dan Solusinya

Arie Nugroho
Arie Nugroho 14 Mar 2017 - 01:09
Kick Starter Mendadak Ngelos, Ini Penyebab dan Solusinya

Sebagai pemilik kendaraan bermotor, Anda terkadang menemui masalah seperti kick starter tidak bisa berfungsi sebagaimana mustinya. Lantas, apa penyebabnya?

Terkadang, kick starter mendadak enteng ketika digenjot. Hal itu biasa dikenal dengan sebutan "ngelos" atau tak ada tendangan balik.

Alhasil, hal itu membuat motor tidak bisa dihidupkan. Masalah Anda akan bertambah pelik seandainya elektrik starter motor Anda juga ikut tidak berfungsi.

Penyebab utama kick starter motor ngelos adalah mesin tidak melakukan tekanan kompresi yang harusnya disebabkan oleh dorongan piston.

Tak adanya tekanan kompresi pada mesin disebabkan klep (valve) ada kotoran. Fungsi klep harus naik dan turun dan klep tidak akan menutup sempurna jika ada kotoran. Klep sendiri berfungsi mengatur masuknya gas baru dan keluarnya gas buang sisa pembakaran pada mesin motor.

Sementara itu, penyebab adanya kerak kotoran pada klep adalah seringnya motor menggunakan bahan bakar premium (RON rendah).

Untuk menyelesaikan masalah ini, Anda cukup memasukkan tiga sendok makan oli melalui lubang busi. Oli akan melarutkan kerak. Namun saat dinyalakan akan keluar asap karena oli itu terbakar. Demikian tips dari kami, semoga bermanfaat.