Kisah Ajon, Spesialis Mekanik Motor Kecil

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 14 Sep 2015 - 08:54
Kisah Ajon, Spesialis Mekanik Motor Kecil
Ajon, si spesialis motor kecil yang senang dengan rutinitasnya ini sejak dua bulan ke belakang (Foto: KabarOto/Yudi Atmaja)

Siapa yang menduga bahwa pria yang satu ini, kini profesinya sebagai mekanik motor. Tetapi mesin motor yang di opreknya bukan motor seperti biasanya, yaitu mesin motor kecil (mocil). Dan, bagaimanakah pria yang bernama Ajon ini memainkan kepiawaiannya di engine motor kecil itu? Inilah kisahnya kepada kabaroto.

Ditemui dibengkelnya, dengan tegas ia mengisahkan lika-likunya di dalam bermain mesin motor kecil. Baginya, ada keunikan tersendiri bila memperbaiki mocil. Merawat mocil ini tidak seperti motor pada umumnya. Mocil ini letak sparepartnya tidak begitu paten. Mudah sedikit di geser.

"Harus ada tingkat kesabaran yang tinggi untuk memeriksa mesin mocil. Mesin mocil tidak semudah dengan roda dua yang standar. Kenapa? Pemeriksaannya bisa dikatakan unik. Kendalanya hanya satu yaitu sparepart sedikit sulit dicari. Kan, kalau motor umumnya, banyak onderdilnya dimana-mana. Di mocil ini harus pesan terlebih dahulu. Mengenai harganya tentu lebih murah dibandingkan dengan harga jeroan motor pada umumnya," jelas Ajon.

Menurutnya, ia tidak mematokan biaya service mocil. Karena pemilik mocil itu rata-rata adalah temannya sendiri.

"Cincay saja untuk biayanya, kan teman-teman semua yang service motornya," ujar Ajon yang sudah menjalani rutinitasnya ini sejak dua bulan ke belakang.

Baca Juga: