POPULAR STORIES

Kisah Modifikator Airbrush Dari Cleaning Service Hingga King Service Airbrush

 Kisah Modifikator Airbrush dari Cleaning Service hingga King Service Airbrush Inilah salah satu contoh hasil JJ Airbrush (Foto: KabarOto/Alif Sowandono)

Eksekutif- Jaidun Mochtar alias JJ yang merupakan anak ketiga dari tujuh bersaudara. Sejak kecil cinta akan seni gambar. Apalagi sang ayahanda berprofesi sebagai seni pahat. Ayahnya mewarisi kepada seluruh buah hatinya dibidang seni. Bocah kecil yang diberi nama Jaidun Mochtar berkeinginan seperti orangtuanya. Walaupun ayahnya sudah melarang berulangkali agar putranya ini tidak mengikuti pekerjaannya, ia tetap keukeuh untuk terus mencontoh.

Ketika duduk dibangku SD, Jaidun dibiarkan oleh ayahnya menggambar di atas papan dan kayu. Hingga ia dibebaskan untuk mengukir sendiri. Jaidun mengukir kayu dengan perlahan-lahan. Seakan ia tidak takut dengan mainan barunya. Orangtuanya sedikit demi sedikit memberikan bimbingan kepada putra tercintanya ini. Lulus SMP ia merantau ke Jakarta ikut teman untuk adu nasib.

Lika-liku perjalan membuat kenangan baginya. Bersama seorang temannya itu, ia menjaga taman kosong perumahan. Terkadang ia harus menjadi cleaning service, pembantu rumah tangga jika tuan rumahnya datang. Tidak lama kemudian pekerjaan selanjutnya ia lakoni, menjadi tukang bangunan, angkat, aduk pasir dan semen. Tidak betah dengan kondisi yang demikian ini, ia kembali menjadi office boy (tukang sapu) di perkantoran.

“Saya teringat dengan perkataan orangtua, tekunilah pekerjaan yang bisa kamu tekuni dan jalankan. Apapun pekerjaannya akan terselesaikan dengan baik jika bekerja dengan iklas,” kenang JJ akan tutur kata orangtuanya.

Pekerjaan yang ditekuninya sehari-hari membuat bosan. Tidak ada motivasi dan perkembangan yang menguntungkan. Ia di ajak sahabatnya untuk bekerja di bengkel motor, tahun 1996. Menggosok dan amplas bodi motor yang akan di cat adalah bidangnya. Di sini, ia mendapatkan pendidikan dasar, dari amplas pekerjaannya naik menjadi menghaluskan bodi motor (poksi) hingga cat bodi.

Alhasil, ilmu yang diberikan oleh majikannya itu dipahami dan ditekuninya. Ia membuka bodi motor hingga memasang kembali bodi tersebut. Selama tujuh tahun ia bekerja di daerah Kelapa Gading, Jakarta Utara membuat dirinya makin mantap untuk terus menekuni rutinitas sehari-harinya ini. Namun, tempat kerjanya ini di tutup, sang owner beralih ke bidang usaha lain.

Menurut Jaidun Mochtar alias JJ, prospek bengkel sangat bagus untuk mata pencaharian. Ia mencoba buka bengkel kecil-kecilan dengan modal yang sangat terbatas. Keahlian menggambar saat kecil ia gabungkan dengan keahliannya mengecat bodi kendaraan. Ia membuka bengkel airbrush. Tetapi ia tidak menguasai pemasaran. Hasil pekerjaan yang diperoleh dipergunakan untuk kesenangan sesaat, traktir teman-teman.

“Karena saya tidak menguasai pemasaran, saya menutup bengkel airbrush itu. Dan saya kembali bekerja di bengkel airbrush oranglain. Di sini saya mencuri ilmu pemasaran dan teknik airbrush yang benar selama dua tahun. Kebetulan saya sudah berkeluarga. Setelah semua ilmu saya dapatkan, saya kembali membuka bengkel airbrush. Saya pamit dan ijin kepada atasan. Saya mengatakan akan membuka bengkel airbrush sendiri. Saya mohon doa restu,” kata JJ di tahun 2006.

Awal buka usaha kecil-kecilan di rumahnya, Jakarta Timur. Ia memberikan nama usahanya ini JJ Airbrush. Ia merintis usaha airbrushnya, dari yang peralatannya sedikit hingga peralatan yang lengkap kini. Tidak ada pegawai hingga mempekerjakan pekerja honor per hari. Sekarang showroomnya berlimpah pesanan. Ia akan mempersembahkan pelayanan yang terbaik buat konsumen. “Saya mengajukan desain grafis airbrush kepada konsumen. Antara saya dan konsumen konsultasi untuk menciptakan desain airbrush yang baik. setelah disetujui barulah tahap pembuatan desain dan penyemprotan cat airbrush,” kata JJ yang kini menjadi raja airbrush Jakarta.

Untuk ke depannya JJ akan mendirikan showroom yang lebih besar lagi. Lokasi yang rencananya akan dibangun di Fatmawati, Jakarta Selatan ini akan dipergunakan untuk memajang hasil-hasil karya airbrushnya, menjual bodi motor yang sudah di airbrush. Display mobil yang dilapisi airbrush. Di sini juga pengunjung dapat melihat pembuatan airbrush secara langsung. Dengan ini diharapkan pengunjung puas. (als)

Baca Juga:

Goresan Kelir Airbrush JJ Raih MURI
Joddy Ario, 'Penimba Air' di Ladang Gersang Modifikasi