POPULAR STORIES

Komunitas Motor BRC Jalin Silaturahmi Antar Member

Komunitas Motor BRC Jalin Silaturahmi Antar Member Komunitas motor ini terdiri dari all varian. Visi dan misinya simpel, yakni menjalin silaturahmi antar member. Kini, jumlah anggotanya terdiri dari 21 member. (Foto: KabarOto/Yudi Atmaja)

Satu lagi komunitas motor yang menamakan Brother Ranks Community (BRC). Namanya saja komunitas motor, tentunya mereka akan jalin silaturahmi antar member BRC dan member komunitas lainnya. Lalu, bagaimanakah ia menjalani aktivitasnya di dunia motor dan komunitas?

Alamat sekretariatnya di Desa Sondong Semarang. Komunitas motor ini terdiri dari all varian. Visi dan misinya simpel, yakni menjalin silaturahmi antar member. Kini, jumlah anggotanya terdiri dari 21 member. Seperti komunitas lainnya, komunitas ini tetap menjalani safety riding. Lalu, apa arti safety riding bagi mereka, komunitas BRC ini?

Menurut Bro Agan, yang merupakan pembicara di komunitas ini safety riding adalah sebuah bentuk pola perilaku untuk berkendara yang nyaman dan aman, baik untuk diri sendiri maupun pengguna jalan yang lain (pengendara maupun pejalan kaki).

"Artinya adalah suatu sikap agar kita mengkondisikan diri agar bagaimana mengendari sepeda motor yang aman dan nyaman, baik untuk diri kita maupun orang lain. Masih banyak kita lihat orang mengendarai motor dengan kecepatan tinggi, atau sangat lambat dan lain-lain yang membahayakan dirinya dan juga orang lain disekitarnya," ucap Bro Agan kepada kabaroto.

Ia melanjutkan pembicaraannya, sebelum melakukan perjalanan jauh, cek terlebih dahulu kondisi kendaraan yang akan Anda pakai. Bagian-bagian yang mesti dilakukan pengecekan yaitu, bensin, oli, rantai, ban, lampu, baterai, aki, baut mur, kaca spion, kopling dan rem.

Forum Santai
BRC sebagai komunitas motor tentunya ia melakukan kopi darat (kopdar). Menurutnya, saat kopdar mereka membicarakan mengenai perkembangan motor dan perkembangan member serta komunitasnya BRC. Sembari membahas tersebut, BRC juga dijadikan forum pembicara dan sebagai tempat ajang santai serta ngopi-ngopi.

Kepada kabaroto, Bro Agan menjelaskan sejarah berdirinya komunitas BRC. Tanggal 23 Mei 2014, mereka berdiri yang berawal dari anak-anak kampus yang suka jalan-jalan dan touring serta segelintir teman yang hobi dengan motor.

"Kami telah melaksanakan program bantuan longsor, buka puasa bersama anak-anak jalanan dan bersih-bersih kampung. Sebagai komunitas tentunya ada syarat masuk menjadi anggota BRC, apa sajakah? Mempunyai kendaraan sesuai prosedur kepolisian dan harus mempunyai SIM dan STNK.

Baca Juga: