POPULAR STORIES

Kondisi Bocor, Ban Run Flat Tire Diklaim Bisa Melaju Hingga 80 Km

Kondisi Bocor, Ban Run Flat Tire Diklaim Bisa Melaju Hingga 80 Km Ilustrasi mobil dinas Presiden Jokowi (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Viral di dunia maya mobil dinas Presiden Jokowi mengalami bocor ban saat kunjungan kerja ke Provinsi Jawa Tengah. Di mana, Mercedes-Benz S 600 Guard yang digunakan ini memiliki ban Run Flat Tire (RFT) yang diklaim mampu tetap melaju dalam kondisi bocor.

Namun, soal ban bocor ini langsung dibantah oleh pihak istana. Menurut keterangan Koordinator Staf Khusus Presiden, Ari Dwipayana menjelaskan bahwa Mercedes-Benz tersebut tidak mengalami ban bocor.

Soal Jokowi yang sempat jalan kaki itu tengah mengukur lebar jalan rute Sragen-Grobogan-Blora bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuldjono.

Baca Juga: Spesifikasi Mobil Dinas Presiden Jokowi Yang Bocor Ban Di Grobogan

Mercedes-Benz S 600 Guard digunakan sebagai mobil dinas Presiden Jokowi

Sementara itu, terkait ban RFT atau run flat tire memang dirancang dengan dinding samping yang diperkuat untuk membantu menopang berat mobil, sekaligus bisa terus berjalan meskipun kehilangan tekanan angin.

Melansir situs resmi Michelin, ban jenis ini dapat mempertahankan stabilitas yang cukup untuk beberapa waktu, yang berarti pengemudi tidak akan terjebak di pinggir jalan menunggu bantuan dan dapat mencapai bengkel terdekat sendiri.

Mobil dengan ban run flat tyre dapat melaju dalam kondisi bocor hingga jarak maksimum 80 km, dengan kecepatan maksimal 80 kpj.

Baca Juga: Satu Dari 275 Unit Mercedes-AMG One Dijual

Ketentuan tersebut disesuaikan dengan profil ban dan produsen. Secara konkret, dalam kondisi ini jarak mengemudi bisa tergantung pada beban kendaraan, suhu luar dan keadaan jalan.

Sebagai informasi, ban anti bocor Michelin dapat diperbaiki hanya satu kali oleh profesional dalam kondisi yang sama dan dengan mengikuti prosedur pemeriksaan dan perbaikan yang sama seperti ban non-ZP. Ini dengan pengecualian pada ban yang dinding sampingnya secara eksplisit menyatakan bahwa ban jenis ini tidak dapat diperbaiki.