POPULAR STORIES

Konsep Honda MEV-Van Gunakan Baterai Sebagai Sumber Tenaga Listrik

Konsep Honda MEV-Van Gunakan Baterai Sebagai Sumber Tenaga Listrik Honda MEV-Van (Foto: Honda)

KabarOto.com - Honda meluncurkan konsep MEV-Van, kendaraan komersial ringan listrik, dilengkapi baterai yang dapat dilepas.

Konsep ini akan diuji, bekerja sama dengan perusahaan layanan pengiriman terbesar di Jepang, Yamato Transport, sebagai solusi menuju masa depan netral karbon.

Sama seperti Honda N-Van e yang diluncurkan bulan lalu, konsep MEV-Van hadir dengan powertrain listrik sepenuhnya. Namun, alih-alih menggunakan baterai tetap yang dipasang di lantai, MEV-Van menggunakan sejumlah modul e Honda Mobile Power Pack, yang dapat dilepas dari kendaraan untuk diisi daya.

Baca Juga: 2.261 Unit All New Honda CR-V Sudah Dipesan, Tipe Hybrid Paling Banyak

Modul baterai dipasang di bawah lantai kabin dan dapat diakses dengan mudah

Modul dipasang di bawah lantai kabin, dan dapat diakses dengan mudah berkat serangkaian lubang palka. Cara pengisian daya yang mudah membuat MEV-Van tidak dilengkapi dengan port pengisian daya di gril depan.

Namun, Honda tidak mengumumkan angka jangkauan konsep tersebut, mungkin tidak lebih dari jangkauan N-Van listrik standar sejauh 210 km

Solusi ini akan menghemat waktu selama pengisian daya, karena baterai portabel dapat ditukar dan diisi dayanya secara mandiri sepanjang hari.

Hal ini juga membantu mengurangi ketidakseimbangan dalam penggunaan listrik di rumah, karena baterai tidak perlu diisi semalaman seperti kebanyakan kendaraan listrik.

Baca Juga: Kenali Cara Kerja Deceleration Paddle Selector Pada All New Honda CRV RS E:HEV

Baterai bisa diganti dengan mudah

Uji coba akan dilakukan pada November 2023 di Prefektur Gunma Jepang. Awalnya, ini akan mencakup satu unit Honda MEV-Van, dengan beberapa contoh direncanakan untuk uji coba di masa depan.

Tujuannya adalah, agar EV tersebut diuji dalam operasi pengumpulan dan pengiriman, guna membuktikan bahwa kinerja, jangkauan, lingkaran pengisian daya, dan daya tahan baterainya memadai untuk penggunaan profesional. Sebelum dimulai, Honda MEV-Van akan dipamerkan di Japan Mobility Show 2023.

Berita Terkait

Berita Terkait