Konsep Husqvarna Norden 901 Dengan Sentuhan Gaya Neo Retro

Konsep Husqvarna Norden 901 dengan Sentuhan Gaya Neo Retro

KabarOto.com – Husqvarna mungkin terdengar asing ditelinga masyarakat Indonesia, Husqvarna sendiri merupakan produsen motor asal Swedia mulai memproduksi sepeda motor sejak tahun 1903.

Melalui ajang EICMA 2019, Husqvara setidaknya telah memperkenalkan 10 produk melalui ajang tersebut, namun ada motor adventure konsep yang cukup menarik perhatian yaitu Husqvara Norden 901 dengan racikan berbeda bila dibandingkan kebanyakan motor adventure lainnya.

Pabrikan sepeda motor Swedia ini terus mengembangkan dan memperkuat jajaran line-up sepeda motornya selama beberapa tahun terakhir, mengambil keuntungan dari hubungan dekatnya dengan perusahaan induk KTM untuk mengembangkan jajaran model baru menggunakan platform perusahaan Austria.

Baca juga: Husqvarna FC 450 Rockstar Edition Anyar Resmi Dirilis Januari 2020

Salah satunya Husqvarna Norden 901 yang tampil dengan desain radikal bergaya neo-retro, dibekali dengan perangkat modern, meskipun masih dibekali dengan mesin sama seperti KTM 790 Adventure.

Tampilan neo-retro terlihat jelas pada headlamp berbentuk bulat namun sudah berteknologi LED dan dipadukan dengan dua buah foglamp yang mengapit, di bagian depan terdapat windshield tinggi serta crashbar untuk melindungi mesin dan bodi samping motor saat terjadi kecelakaan seperti terjatuh.

Supaya pengendara motor ini bisa melewati medan ekstrim dengan lebih percaya diri, sepeda motor adventure ini hadir dengan kenalpot yang dipasang tinggi, mounting points side box panniers, dan knuckle guard. Sajian unik dan modern terlihat di bagian kemudi dengan panel instrument berwarna yang menyematkan berbagai info secara digital melalui layar TFT, layar instrument semakin menarik dengan hadirnya konektivitas smartphone.

Husqvarna Norden 901 mengadopsi basis mesin dari model KTM 790 Adventure yaitu mesin parallel-twin berkapasitas 900 cc. Sayangnya, tenaga dan torsi yang dihasilkan mesin 900 cc masih belum diketahui, mesin ini disandingkan dengan transmisi manual 6 percepatan yang cocok untuk dibawa ke medan ekstrim.

Baca juga: Jelang IIMS Motobike Expo 2019: Ini Dia, Motor-Motor Keren Husqvarna dan KTM

Supaya nyaman dan tangguh dalam melewati medan sulit, Husqvarna Norden 901 hadir dengan struktur kaki-kaki fork USD dari WP di bagian depan dan ditambah cover shock. Selain itu, ground clearance dibuat tinggi dan disokong dengan penggunaan roda berukuran 21 inci di bagian depan serta 18 inci di bagian belakang.

Di bagian belakangnya juga mampu memberikan kenyamanan bagi pengendaranya, dilengkapi dengan suspense monoshock yang menyangga motor ini, ditambah peredam kejut dari WP dan dipasang dengan sudut kemiringan 45 derajat. Tak hanya itu, jok memiliki desain yang lebar untuk menambah kenyamanan saat mengendarai motor ini.

Sepeda motor adventure ini dikabarkan akan diluncurkan di pasar India meskipun tidak dalam waktu dekat, harganya belum diumumkan secara resmi dari Husqvara, kita tunggu saja informasi resminya. (Nora Dian Pratama)