Kopling Mobil Tiba-Tiba Los? Jangan Panik, Ini Tipsnya

Kopling Mobil Tiba-Tiba Los? Jangan Panik, Ini Tipsnya Tongkat Persneling ( Foto : Ist)

Kopling Mobil tiba-tiba los? Jangan panik, kali ini Kabaroto.com memberikan tips yang dilansir dari Toyota.co.id penjelasan tentang penyebab dan cara mengatasinya.

Kopling yang tiba-tiba los ini terjadi pada mobil Anda akibat rusaknya master kopling kendaraan. Menyebabkan kopling mobil tidak berkerja sesuai fungsi, dan minyak kopling di tabung biasanya sudah habis.

Anda dapat menemukan tabung minyak kopling yang berukuran tiga jari orang dewasa terletak di ruang mesin, tepat di depan setir. Nah Anda dapat membuka tutup tabung, dan lihat kondisi minyak di dalamnya. Anda dapat mencari minyak rem di toko, misalnya yang berada di mal-mal. Fungsinya sama.

Bagan dari Kopling ( Foto : Ist)

Bagan dari Kopling ( Foto : Ist)

Karena Toyota merk mobil Jepang, minyak rem berkode DOT 3 dapat digunakan. Namun sebaiknya tidak digunakan untuk mobil Eropa yang mengalami masalah yang sama. Jika memang keadaan darurat isikan saja terlebih dahulu minyak tersebut ke dalam tabung kopling, namun sesudahnya harus dikuras ulang jika nanti bisa ke bengkel.

Setelah memberi minyak, mobil biasanya dapat digunakan kembali. Ada baiknya Anda selalu mengecek kondisi kopling saat melanjutkan perjalanan.

Baca juga :