POPULAR STORIES

Korlantas Polri Berikan Pengawalan Di Mandalika Saat MotoGP Berlangsung

Korlantas Polri Berikan Pengawalan di Mandalika Saat MotoGP Berlangsung Sirkuit Mandalika 1

KabarOto.com - Sirkuit Internasional Mandalika yang ada di Lombok Nusa Tenggara Barat, akan menyelenggarakan MotoGP pada 18 sampai 20 maret 2022. Korlantas Polri memastikan siap memberikan pengawalan keamanan pada ajang balap terbesar di dunia itu.

Hal itu dikatakan Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi menegaskan, "Kami ingin memastikan segala sesuatu persiapan mulai dari titik keberangkatan dari bandara, perjalanan sampai ke bandara."

Baca juga: Honda ADV150 Resmi Jadi Motor Sirkuit Mandalika

Pengaturan di lokasi tersebut, menurut Firman benar-benar dipersiapkan. Firman menambahkan, pihaknya juga akan berkoordinasi dengan Polda Nusa Tenggara Barat (NTB) dan pihak penyelanggara MotoGP 2022, agar memberikan masukan.

Tidak hanya itu, Korlantas pun akan melakukan sosialisasi kepada masyarakat sekitar, mengenai skema arus lalu lintas. Hal itu dilakukan supaya gelaran MotoGP bisa berlangsung dengan lancar.

MotoGP

"Kita sudah mendengar masukan, baik dari pihak penyelenggara, nanti kita lanjutkan rapat di Mapolda dan arahan untuk anggota," tuturnya. Dia pun memaparkan, jika masih ada lingkungan warga masyarakat di lingkungan sirkuit, dan tentu dibutuhkan satu perlakuan yang berbeda pada saat event itu berlangsung

Firman menambahkan, dua hal pokok itu menjadi konsentrasi utama yang dianggap sangat penting. Oleh karena itu, segera dilakukan, koordinasi baik internal petugas, panitia, dan masyarakat.

Seperti diketahui, sebelumnya Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengeluarkan regulasi berupa Instruksi Menteri Dalam Negeri No.8 Tahun 2022. Aturan terkait langkah pencehagan dan penanggulangan Covid-19 pada gelarang balap internasional di Mandalika, yang efektif berlaku mulai dari saat Offical Pre-Seaseon Test pada 11-13 Februari, dan pelaksanaan balap MotoGP.

Dalam aturan tersebut, menjelaskan, tentang pembatasan kapasitas penonton MotoGP Mandalika yang hanya boleh dihadiri 100.000 orang. Hal itu untuk mencegah penyebaran Covid-19 yang saat ini semakin masiv.

Baca juga: Pakai Aplikasi Shell Go+, Ada 7 Tiket Gratis MotoGP Mandalika

Sementara itu, Dirjen Bina Administasi Kewilayahan Kemendagri Safrizal mengatakan, pengaturan dilakukan agar bisa mengendalikan penyebaran Covid-19, sebalum, saat berlangsung dan setelah selesai. "Pembatasan jumlah penonton paling banyak 100.000 orang, dengan kapasitas paling banyak 10 persen untuk kelas festival," terangnya.