POPULAR STORIES

Kurangi Polusi, Madrid Batasi Usia Kendaraan

Kurangi Polusi, Madrid Batasi Usia Kendaraan

Guna mengurangi polusi udara, Pemerintah Kota Madrid, Spanyol mengumumkan rencana pembatasan usia kendaraan yang melintas di jalanan kota.

Rencana itu diumumkan pemerintah Kota Madrid pada Senin (13/3/3017). Rencananya, peraturan itu mulai berlaku pada tahun 2025.

Dengan demikian, Madrid akan mengikuti peraturan yang telah berlaku di beberapa kota besar di Eropa. Sebelumnya, Paris dan Berlin juga sudah melakukan hal serupa.

"Ini rencana A untuk meningkatkan kualitas udara di Madrid. Ini rencana A dan tidak akan ada rencana B," tegas Wali Kota Madrid, Manuela Carmen, seperti dikutip dari Reuters, Selasa (14/3/2017).

Mobil-mobil yang akan dilarang melintasi jalanan kota Madrid adalah keluaran tahun 2000 ke bawah untuk mesin bensin dan tahun 2006 ke bawah untuk mesin diesel. Artinya, pada 2025 nanti mobil tua berusia di atas 25 tahun tidak bisa beredar.

Dengan pelarangan tersebut maka jumlah kendaraan yang beredar di Madrid akan berkurang sebanyak 20 persen. Pemerintah kota juga menargetkan penurunan kadar polusi nitrogendioksida (NO2) sebesar 15 persen dibandingkan saat ini.

Berita Terkait

Berita Terkait