Laba Bersih Grup Astra Di Sektor Otomotif Naik 13% Capai Rp3,9 Triliun

Laba Bersih Grup Astra di Sektor Otomotif Naik 13% Capai Rp3,9 triliun Keuntungan Grup Astra di sektor otomotif naik 13% mencapai Rp3,9 triliun. (Foto: Istimewa)

Laba bersih dari Grup Astra dari sektor otomotif naik 13% menjadi Rp3,9 triliun. Secara keseluruhan, penjualan otomotif sedikit meningkat sepanjang periode ini, sebagian besar karena peluncuran model baru yang turut berdampak positif terhadap marjin.

Penjualan mobil secara nasional meningkat sebesar 1% menjadi 532.000 unit. Penjualan Nsional mobil Astra naik sebesar 4% menjadi 273.000 unit, yang menyebabkan peningkatan pangsa pasar dari 50% menjadi 51%. Grup telah meluncurkan enam model baru dan lima model revamped selama periode ini.

Penjualan sepeda motor nasional menurun sebesar 7% menjadi 3,0 juta unit. Sementara penjualan sepeda motor dari PT Astra Honda Motor (AHM) mengalami kenaikan 1% menjadi 2,2 juta unit, sehingga pangsa pasarnya meningkat dari 67% menjadi 73%. AHM telah meluncurkan tiga model baru dan tujuh model revamped selama periode ini.

Astra Otoparts, bisnis komponen Grup, mencatat laba bersih yang stabil sebesar Rp152 miliar dengan peningkatan pendapatan dari bisnis pasar pabrikan otomotif (OEM/Original Equipment Manufacturer), after market, dan segmen ekspor yang sebagian besar diimbangi oleh biaya operasional yang lebih tinggi dan kerugian selisih kurs pada perusahaan-perusahaan asosiasi.

Baca Juga: