POPULAR STORIES

Lalai Servis AC Usai Mudik, Masalah Besar Ini Menanti Mobil Anda

Lalai Servis AC Usai Mudik, Masalah Besar Ini Menanti Mobil Anda

Kabaroto.com - Tradisi mudik Lebaran kini sudah berakhir. Anda sebaiknya memeriksa seluruh bagian mobil Anda seusai digunakan untuk pulang kampung, khususnya di bagian Air Conditioner (AC).

Ada beberapa alasan mengapa Anda harus memfokuskan diri dalam pengecekan AC mobil. Pertama, bagian kondensor biasanya sudah kotor dan penuh debu setelah mobil digunakan untuk perjalanan jauh.

Alasan kedua, Anda harus mengecek bagian freon. Itu karena bagian ini berpotensi mengalami kebocoran seusai AC digunakan secara terus-menerus dalam perjalanan jauh.

Ketiga, cek filter AC. Sebab, ketika kita sering buka dan tutup pintu mobil, pasti kotoran akan masuk ke dalam kabin dan disaring oleh filter. Kemudian, ganti oli kompressor AC mobil agar kinerja kompressor-nya bagus kembali dan memperpanjang umur kompressor.

Jika kita lalai dalam melakukan hal ini, masalah besar bakal menanti mobil. Risikonya jika terindikasi ada kerusakan umumnya akan merembet sistem AC lainnya. Misalkan freon kurang itu pasti ada kebocoran otomatis oli kompressor akan kurang dan kalau dibiarkan kompressor akan rusak karena kehabisan oil. Kalau sampai itu terjadi, biaya perbaikan ganti kompressor bisa Rp 4-5 juta.

Berita Terkait

Berita Terkait