POPULAR STORIES

Lamborghini Aventador SVJ Kalahkan Rekor Porsche 911 GT2 RS

Lamborghini Aventador SVJ Kalahkan Rekor Porsche 911 GT2 RS Lamborghini Aventador SVJ (Lamborghini)

KabarOto.com - Sirkuit Nurburgring di Jerman, adalah salah satu lintasan legendaris yang cukup penting bagi para produsen otomotif dunia, khususnya dalam pengembangan mobil sport.

Mereka saling berlomba, untuk dapat menaklukkan sirkuit yang dibangun pada tahun 1920-an tersebut, untuk menjadi yang tercepat dan meraih titel 'Raja'.

Kali ini Lamborghini yang jadi rajanya, setelah Aventador SVJ, memecahkan rekor sebagai mobil produksi tercepat di lintasan sepanjang 20,8 km tersebut.

Lamborghini Aventador SVJ (Super Veloce Jota) memang belum resmi meluncur. Karena itu, mobil yang melakukan putaran tersebut, dilapisi stiker kamuflase di seluruh bodi.

Produsen supercar asal Italia tersebut mengatakan, dengan dikemudikan oleh test driver Marco Mapelli, Aventador SVJ berhasil meraih torehan waktu secepat 6 menit 44,97 detik. Angka itu 2 detik lebih cepat dari pemegang rekor sebelumnya, Porsche 911 GT2 RS (6:47,03).

Lamborghini Aventador SVJ

“Aventador SVJ, mengikuti tradisi Lamborghini untuk menunjukkan bakat di lintasan balap. Mobil baru ini adalah konvergensi teknologi Lamborghini untuk menghasilkan supercar yang melampaui tolok ukur kinerja saat ini,” kata Stefano Domenicali, Head and Chief Executive Officer Automobili Lamborghini.

Dalam rilis resminya, Lamborghini juga menjelaskan bahwa Aventador SVJ punya keistimewaan dari segi aerodinamika, berkat hadirnya Aerodinamica Lamborghini Attiva (ALA). Aventador SVJ juga dibuat lebih kaku dibanding versi SV, dan dikembangkan dengan ban Pirelli P Zero Corsa sebagai standar.

Baca juga: Lamborghini Sukses Produksi 19.000 Unit Aventador Dan Huracan

Aventador SVJ menggunakan mesin 6.5 liter naturally aspirated, yang sanggup menghasilkan tenaga hingga 770 dk, dengan raungan suara khas V12, yang menjadi konfigurasi mesin dan sesekali muncul semburan api dari pipa knalpot ganda. Performa mesinnya makin maksimal berkat weight-to-power ratio hanya sebesar 1.98 kg/dk.

Dengan hasil ini, sepertinya rasa dendam Lamborghini kepada Porsche telah terbayarkan. Karena sebelumnya di sirkuit yang sama, pabrikan berlogo banteng tersebut sukses mencatat waktu 6 menit 52,01 detik menggunakan Lamborghini Huracan, sebelum akhirnya berhasil dikalahkan oleh Porsche 911 GT2 RS.

Tim R&D Lamborghini

“Ini adalah demonstrasi lain dari keterampilan dan kerja tim yang luar biasa oleh personil khusus dalam Automobili Lamborghini. Mulai dari tim R & D, driver uji kami dan, tentu saja, beberapa mitra seperti Pirelli,” kata Chief Technical Officer, Maurizio Reggiani.

Menurut rencana, Lamborghini akan memproduksi masal Aventador SVJ di akhir tahun ini.