POPULAR STORIES

Lamborghini Miura SV Peringati 50 Tahun

Lamborghini Miura SV Peringati 50 Tahun Lamborghini Miura SV

KabarOto.com – Pabrikan mobil asal Italia, Lamborghini memperingati 50 tahun salah satu produk ikoniknya yakni Miura SV (Super Veloce).

Lamborghini Miura melakukan debutnya ke publik pada ajang Turin Auto Show 1965, dan banyak yang percaya bahwa mobil ini hanya untuk balap saja. Satu tahun kemudian di ajang Geneva Moto Show, model Miura P400 hadir yang membuat kagum publik karena memiliki desain yang unik dan seksi.

Baca juga : Lamborghini Pecahkan Rekor Penjualan, Urus Paling Laku

Dengan jeda beberapa tahun tepatnya pada ajang Geneva Motor Show 1971, varian lebih kencang Lamborghini Miura SV (Super Veloce) atau ‘super kencang’. Pada ajang tersebut, Miura SV meluncur bersama Countach LP500. Peningkatan performa untuk varian SV ini memanglah bukan main, dengan meningkatkan pengaturan timing-cam dan penggunaan empat karburator triple-barrel baru sudah cukup meningkatkan tenaga dari mesin V12 ini.

Secara performa, unit V12 berkapasitas 4.000 cc ini meningkat 15 dk sehingga tenaganya menjadi 380 dk pada putaran 7.850 rpm dengan torsi 400 Nm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi manual 5 percepatan. Dari hasil tes, Miura SV mampu berakselarasi 0-100 kpj dalam 5,8 detik saja, dengan kecepatan maksimal 290 kpj.

Selain itu, sistem pelumasan mesin juga baru untuk memastikan mesin bekerja dengan lancar dan mengurangi kemungkinan pecahan logam dari transmisi memasuki blok mesin. Selain mesin, bagian sasis juga mendapatkan ubahan yang lebih kaku, suspensi belakang direvisi serta penggunaan roda belakang yang lebih lebar 2 inci dengan ukuran ban lebar 255.

Baca juga: Dua Lamborghini Bermesin V12 Bakal Meluncur Tahun Ini
Interior Lamborghini Miura

Sang desainer Miura, Marcello Gandini juga memberikan ubahan pada tampilan. Seperti penggunaan sepatbor lebih lebar, menambah air intake baru di depan dan membuat ubahan pada lampu belakang.

Semasa hidupnya, Lamborghini Miura diproduksi di markas besar Bolognese Lamborghini. Secara total Miura hanya tersedia 714 unit dengan Miura P400 (474 unit), Miura S (140 unit) dan Miura SV (150 unit) dan salah satu unit Miura SV sekarang dipajang di Museum Lamborghini di Sant'Agata Bolognese. Jadi, bagaimana Sob, tertarik untuk mengoleksi Lamborghini Miura?