Legenda Mercedes-Benz 190E Evo Yang Tak Ada Habisnya

Legenda Mercedes-Benz 190E Evo Yang Tak Ada Habisnya

KabarOto.com – Mungkin bagi yang suka dunia otomotif saat mendengar kata “Evo” atau “Evolution” pasti langsung mengarah kesebuah mobil sport keluaran Mitsubishi.

Tapi jangan salah, ternyata pabrikan asal Jerman Mercedes-Benz juga pernah punya seri Evolution loh! Mercedes-Benz sebenarnya meluncurkan mobil ini berbasis dari kode bodi W201, dengan 190E 2.5-16 Evolution 1989 dan juga Evolution II pada tahun 1990.

Baca juga: Mercedes-Benz W201 190E Ini Dimodifikasi Ala Goin Style

Mercedes-Benz merilis mobil ini pertama kali diperkenalkan pada Maret 1989, 190E 2.5-16 Evolution memulai debutnya di Geneva Auto Show demi menjadi pesain dari BMW M3 pada saat itu. 190E Evolution I ini hadir dengan desain yang jauh lebih sporti, seperti tambahan spoiler belakang besar, lips berdesain agresif, serta over fender.

Untuk jantung pacunya tetap mengandalkan mesin 4 silinder DOHC 2.5L, dengan tenaga 202 dk. Hanya 502 unit model Evolution yang di produksi. Jika tenaga 202 dk masih dirasa kurang, masih ada opsi tambahan dengan PowerPack yang turut ditawarkan oleh AMG yang tentunya dengan biaya tambahan pada masanya.

Baca juga: Mercedes-Benz E 350 EQ Boost Rakitan Lokal Dihargai Satu Setengah Miliar Rupiah

PowerPack yang ditawarkan ini termasuk camshafts, throttle body dengan diameter yang lebih besar, sistem pengapian yang lebih responsif dan sistem manajemen bahan bakar serta sistem intake dan exhaust yang lebih baik. Hasil akhirnya, tenaganya naik sebesar 30 dk loh dari standarnya.

Lalu pada tahun 1990, Mercedes kembali mengeluarkan Evolution II dengan output tenaga yang lebih besar dan desain bodi baru. Dari eksteriornya masih mirip dengan Evolution I dengan spoiler besar dan juga over fender, tapi kali ini makin sporti dengan lips yang lebih aerodinamis, dan sentuhan pelek 17 inci model bintang palang 6.

Baca juga: Inilah Mercedes-Benz G Class Terkuat Dan Beringas, Minat Sob?

Untuk mesinnya masih sama dengan sebelumnya, namun tenaganya sudah menjadi 235 dk dalam keadaan standarnya. Yang mampu menghasilkan akselerasi dari 0-100 kpj hanya dalam 7,1 detik saja, dan mampu melesat sampai kecepatan maksimal 250 kpj.

Namun sayangnya, mobil ini hanya diproduksi dari tahun 1990 sampai 1991. Sebenarnya ada sebanyak 502 unit Evolution II yang sudah diproduksi, dimana secara eksklusif ada 500 unit berwarna blue black metallic, dan 2 unit terakhir yang diproduksi berwarna Astral Silver, yang menjadikannya Evolution II paling langka.

Pada masanya, Mercedes-Benz Evolution II ini dijual dengan harga yang cukup fantastis yaitu sekitar Rp 1,1 miliyar. (Deddy Darmanto)