POPULAR STORIES

Lewis Hamilton Kalahkan Massa Dan Bottas Di Kejuaraan F1

Lewis Hamilton Kalahkan Massa dan Bottas di Kejuaraan F1 Lewis Hamilton Kalahkan Massa dan Bottas di F1 (Foto: Dok Formula1.com)

Lewis Hamilton memenangkan kejuaraan F1 di Silverstone kemarin, Minggu (5/7). Ia berhasil mengalahkan Massa dan Bottas. Ia menyamai rekor yang dicetak oleh Jim Clark dan Nigel Mansell walau sempat terancam di awal balapan oleh Felipe Massa dan Valtteri Bottas yang sempat merebut posisi terdepan setelah start sebelum hujan turun.

Sejak start dimulai, Hamilton dan Rosberg yang berada di baris pertama langsung disalip oleh pebalap tim Williams-Felipa Massa yang langsung meraih posisi pertama, kemudian di tikungan pertama terjadi tabrakan antara salah satu pebalap tim Lotus dan McLaren yang berakibat keluarnya tanda virtual safety car.

Setelah tanda virtual safety car non-aktif, Hamilton kembali berusaha merebut posisi pertama kembali namun gagal dan posisinya kembali turun setelah disalip oleh Bottas sementara Rosberg bertahan di posisi ke-4. Hamilton kemudian berhasil mengambil alih posisi pertama setelah melakukan pit stop awal di lap 19, disusul oleh Massa dan Rosberg pada lap ke 20 dan Bottas di lap ke 21. Posisi selanjutnya berubah dengan Hamilton di posisi pertama, Massa di urutan kedua disusul oleh Bottas yang mencuri posisi Rosberg di posisi ketiga dan ditempel oleh Raikkonen dan Vettel di posisi 5 dan 6 hingga turun hujan di lap ke 35.

Di lap ke 35 ini hujan turun cukup deras dan para pebalap saling berjudi dengan pilihan rodanya masing-masing karena bagian sirkuit yang diterpa hujan hanya ada di bagian Luffield, Woodcote dan Copse. Kedua pebalap Mercedes dan Williams saat ini masih menggunakan ban slick walau mereka sempat kehilangan traksi pada ban depan mereka hingga Hamilton masuk pit secara mendadak untuk mengganti ban intermediate di lap 43 disusul oleh Vettel yang juga menggunakan ban intermediate dan diikuti oleh Rosberg, Massa dan Bottas di lap 44 dan hasil akhir balapan langsung terlihat.

Seperti yang dikutip dari formula1.com, setelah mengganti ban intermediate, Massa langsung turun posisi ke 4 dibelakang Vettel sedangkan rekan satu timnya turun posisi lebih jauh lagi di belakang Daniil Kvyat. Dilain sisi Nico Hulkenberg nyaris meraih poin baik di posisi ke 7 sebelum kemudian disalip oleh Raikkonen, Vettel dan Kvyat saat melakukan pit stop di lap 29.

Namun pada akhirnya rekan satu timnya finish di posisi 9 sehingga memberi sedikit hiburan baginya dan tim Force India. Hasil akhirnya, Raikkonen finish di posisi 8 sedangkan Fernando Alonso merain poin pertamanya pada musim F1 2015 dengan finish di posisi 10.

Hamilton kini meraih total 192 poin diatas Rosberg yang mencatat 177 poin, disusul oleh Vettel dengan 135 poin. Selain itu, finish posisi pertama Hamilton di sirkuit ini mencatatkan kemenangannya yang ke 38 kali dan 3 kemenangannya secara berturut-turut di Silverstone yang sejajar dengan prestasi Jim Clark dan Nigel Mansell yang pernah memenangkan 3 balapan selama 3 musim berturut-turut di Inggris. Hanya Alain Prost yang masih unggul dari ketiganya dengan mengantongi 5 kemenangan berturut-turut di Silverstone.

Baca Juga: