POPULAR STORIES

Loris Capirossi Ungkap Penyebab Kapasitas Mesin MotoGP Jadi 850 Cc

Loris Capirossi Ungkap Penyebab Kapasitas Mesin MotoGP jadi 850 cc MotoGP 2027 bakal menggunakan kebijakan berbeda (Foto: MotoGP)

KabarOto.com - MotoGP 2027 akan memberlakukan beberapa peraturan baru. Salah satunya adalah kapasitas mesin yang tadinya 1.000 cc menjadi 850 cc.

Pengurangan kapasitas mesin ini akan membuat top speed motor berkurang. Dengan demikian, balapan akan lebih aman dan jarak tempuh juga bisa meningkat sehingga lebih efisien dan berkelanjutan.

Bukan hanya itu, jumlah mesin yang digunakan juga berkurang, dari tujuh menjadi enam.

Baca Juga: Ada Sejumlah Peraturan Baru untuk MotoGP 2027, Apa Saja?

Perubahan motor MotoGP di tahun 2027

Komentar Loris Capirossi

Sebelumnya, legenda MotoGP Loris Capirossi yang kini menjadi Race Direction MotoGP membocorkan bahwa bahwa perubahan mesin memang jadi salah satu pertimbangan berkaitan dengan top speed.

"Tapi yang pasti kami berupaya untuk mengurangi sedikit performa motor. Tapi itu tidak mudah karena Anda melakukan sesuatu dan seluruh pabrikan bekerja untuk meningkatkannya lagi," ucap Capirossi.

Lebih lanjut, mulai MotoGP 2027 bahan bakarpada motor akan 100 persen ramah lingkungan, di mana angka tersebut meningkat dari jumlah minimal 40 persen sejak 2024.

Baca Juga: Klasemen MotoGP 2024: Francesco Bagnaia Dekati Jorge Martin

Kapasitas Tangki Motor MotoGP

Kapasitas tangki bahan bakar juga dikurangi dari 22 liter menjadi 20 liter. Pembalap diperbolehkan menggunakan 11 liter selama sesi Sprint Race.

Mesin baru ini diharapkan lebih sesuai dengan penggunaan di jalan raya dan lebih efisien, sehingga mendukung upaya keberlanjutan secara global. Mereka didesain dengan tujuan menciptakan balapan yang lebih seru dengan lebih banyak momen saling bersalipan.