Lulusan KTSM Honda Jawa Barat Bisa Magang di AHHAS PT DAM

Alif Sowandono
Alif Sowandono 29 Sep 2015 - 12:33
Lulusan KTSM Honda Jawa Barat Bisa Magang di AHHAS PT DAM
AHHAS disalah satu di daerah Jawa Barat adakan service murah di SMK Bina 1 Bogor (foto:Acrul Affandy/KabarOto)

PT Daya Adicipta Mustika (DAM) selaku distributor utama sepeda motor dan suku cadang Honda di Jawa Barat kembali memberikan kontribusinya di acara Memorandum of Understanding (MoU) yang diselenggarakandi Bogor Jawa Barat, Senin (25/9). Kontrubusi ini diberikan atas bentuk kepedulian PT. DAM terhadap pengembangan Kurikulum Teknik Sepeda motor (KTSM) pada siswa di Tanah air. Program KTSM saat ini memang sedang dikembangkan dan dijadikan perhatian khusus yang mana ini juga merupakan bentuk implementasi kebijakan pemerintah tentang adanya suatu kerjasama SMK dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). 

Yudi Heriyadi, selaku Head Manager Technical Development PT. DAM, mengatakan, “12 (dua belas) sekolah yang terpilih ini akan langsung bergabung dalam jaringan sekolah pengembangan KTSM yang sebelumnya sudah bergabungsebanyak 93 (sembilan puluh tiga) sekolah “. Dengan penambahan sebanyak 12 sekolah ini, maka PT. DAM telah menjalin kerja sama dengan total 105 SMK KTSM yang merupakan binaan Honda di Jawa Barat. Sekolah akan langsung mendapatkan program kurikulum setara dengan pendidikan yang diberikan untuk mekanik AHASS (Astra Honda Authorized Service Station). 

PT. DAM berharap agar nantinya dapat tercipta link and match antara dunia pendidikan dan industri. Selain mendapatkan program kurikulum, pelajar SMK KTSM juga mendapatkan kesempatan untuk melakukan proses magang di AHASS yang tersebar di Jawa Barat. Lulusan SMK KTSM di Jawa Barat juga berkesempatan mengikuti proses rekruitmen yang dilakukan oleh DAM dan nantinya akan disebar di jaringan AHASS di Jawa Barat. 

Sekolah-sekolah SMK ini juga diharapkan agar kedepannya mampu menjadi wadah uji kompetensi dan sertifikasi nasional untuk nantinya menjadi bekal bagi para siswa kedepan. Semua upaya ini sebagian besar tentu ditujukan untuk memperbesar jaringan Honda, yang mana di Tahun 2015 ini saja sudah ada 16 ribu lulusan KTSM yang ditarik dan bekerja di Honda. Untuk awal Tahun depan Honda kembali akan menarik 5 ribu lulusan KTSM untuk menjadi mekanik baru di Honda dan tentu akan terus bertambah seiiring waktu.

Baca juga: