POPULAR STORIES

Marak Pencurian Sepeda Motor Saat Mudik Lebaran Idul Fitri, Minimalisir Dengan Pengamanan Ini

Marak Pencurian Sepeda Motor Saat Mudik Lebaran Idul Fitri, Minimalisir dengan Pengamanan Ini Marak Pencurian Sepeda Motor Saat Mudik Lebaran Idul Fitri, Minimalisir dengan Pengamanan Ini (Kipli)

KabarOto.com - Banyaknya Sobat yang melakukan mudik Lebaran dikhawatirkan meningkatkan tingkat pencurian kendaraan bermotor. Namun, jangan khawatir, karena ada salah satu kiat agar motor Sobat tetap aman di rumah saat ditinggal mudik.

Memang sepeda motor relatif mudah untuk dicuri, apalagi model konvensional dengan tingkat keamanan minim. Menurut keterangan resmi yang dilansir dari Satreskrim, para pencuri biasanya hanya membutuhkan waktu 2 sampai 5 menit untuk mencuri motor. Alat yang diperlukan untik mencuri pun cukup mudah, yakni kunci T.

Baca Juga: Panel Spidometer Digital, Begini Cara Merawatnya

Pakai kunci ganda

"Mencegah hal itu terjadi, para pemilik kendaraan sepeda motor sebaiknya memasang kunci pengamanan ganda. Cara kerjanya ketika motor dijebol pakai kunci T, mesin tidak akan hidup," buka Fachry dari toko Ciyus Aksesori, Maruga, Tangerang Selatan.

Menurutnya, jika selama kurang dari 10 detik sensor powernya tidak tersentuh, alarm motor akan berbunyi. "Sensor starter motor memang biasanya diletakkan secara rahasia dan hanya pemilik motor yang mengetahuinya," lanjutnya.

Baca Juga: Tips Mudik Lebaran Idul Fitri Anti Jorok, Ini Cara Bersihkan Hand Grip Sepeda Motor

Skema pasang

Jadi setiap ingin menghidupkan motor, sensor tersebut harus disentuh dengan tangan agar mesin bisa menyala. "Modul pengamanannya bisa diletakkan di mana saja, dengan kabel satu akan tersambung ke kunci kontak, kabel dua disambung ke pemutus kontak atau bisa juga ke CDI, dan kabel tiga untuk pemicu klakson, dan kabel terakhir untuk sensor menghidupkan mesin," beber pria ramping itu.

Harga pemasangan kunci starter ganda terbilang relatif terjangkau dibandingkan dengan risiko yang ditanggung jika kehilangan kendaraan kesayangan, yakni mulai di kisaran Rp 200 ribu. "Sudah termasuk ongkos pemasangan. Untuk waktu pemasangannya adalah sekitar dua sampai tiga jam," tutupnya.