POPULAR STORIES

Marc Marquez Main Angklung Bareng Komunitas Honda Di Bandung

Marc Marquez Main Angklung bareng Komunitas Honda di Bandung Foto: Kipli

Kabaroto.com - Siapa yang tak kenal Marc Marquez, pembalap Repsol Honda biasa dikenal liar di lintasan MotoGP, namun kali ia malah memainkan alat musik khas sunda bersama sekitar 200 komunitas pengguna motor Honda di Saung Udjo, Bandung, Jawa Barat pada 10 Februari lalu.

Jawara dunia 5 kali MotoGP tersebut langsung dapat bermain alat musik angklung dengan irama yang kompak, bersama komunitas Honda dan jajaran manajemen PT Astra Honda Motor (AHM) yang turut serta mendampingi. Dibekali angklung satu persatu, Marc Marquez dan yang lain memainkan lagu Indonesia Bengawan Solo, hingga lagu Can’t Help Falling in Love oleh Elvis Presley, lagu dari Jepang berjudul Sukiyaki dan ditutup dengan penampilan Marquez menyanyikan lagu Besame Mucho diiringi oleh permainan angklung para peserta.

"Saya sangat menikmati pertunjukan ini. Ini merupakan salah satu pertunjukkan terbaik yang pernah saya mainkan dan saksikan,” ujar Marquez yang terkesan dengan alat musik angklung yang dimainkannya.

“Bersama Marquez, kesenian asli Indonesia ini akan semakin mendunia. Kami di AHM berkomitmen untuk terus melanjutkan upaya pelestarian budaya bangsa ini melalui program pembinaan budaya Angklung di kalangan generasi muda melalui sekolah-sekolah binaan,” ujar David Budiona, Production, Engineering, and Procurement Director AHM.

Baca Juga: AHRT Kenalkan Formasi Balap 2019 Bareng Marc Marquez Di Bandung

GM Corporate Communication AHM Ahmad Muhibbuddin mengungkapkan seni budaya angklung merupakan salah satu warisan asli budaya Indonesia yang telah diakui oleh UNESCO. Sejak 2013, AHM secara konsisten melakukan pembinaan dan pelatihan para guru seni musik agar dapat mentransfer pengetahuan dan keterampilan bermain musik angklung kepada para generasi muda di 31 sekolah binaan Honda melalui Program Sekolah Binaan Angklung.

Selain itu AHM juga mengadakan pelatihan lanjutan kepada para guru untuk meningkatkan kemampuan, sehingga lebih mahir dalam memainkan dan mengajarkan budaya angklung di berbagai sekolah binaan Honda.

Sebagai tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran budaya Angklung di masing-masing sekolah binaan, AHM bekerja sama dengan Saung Angklung Udjo menggelar kompetensi Pasanggiri Angklung yang telah digelar secara konsisten sejak 4 tahun lalu.

"Bersama Marc Marquez, kami yakin angklung tidak hanya akan mendunia tapi juga akan semakin dicintai generasi muda dan anak-anak milenial," ujarnya.