POPULAR STORIES

Marc Marquez Uji Coba Sasis Dan Geometri Baru Motor Honda

Marc Marquez Uji Coba Sasis dan Geometri Baru Motor Honda Marc Marquez (Foto: Honda Racing Corporation)

KabarOto.com - Dua pebalap Honda Marc Marquez dan Joan Mir melakukan uji coba sasis dan geometri RC213V untuk tahun 2024, di sirkuit Misano, Italia, Senin (11/09/2023). Motor ini masih menggunakan mesin yang sama dengan tahun ini.

Marquez menyelesaikan 63 lap dengan catatan waktu 1 menit 31,575 detik, dan menempati posisi ke-14, sedangkan, Joan Mir menyelesaikan 72 lap dengan waktu 1 menit 31,687 detik dan menempati posisi ke-16.

Catatan tersebut membuat Honda menempati posisi terbawah saat tes di Misano tahun 2023. Namun, pabrikan motor Jepang ini beranggapan tidak mencari waktu terbaik dalam pengetesan ini.

Baca Juga: Klasemen Sementara MotoGP 2023: Jorge Martin Berjarak 36 Poin Dari Francesco Bagnaia

"Lap time bukan fokus pebalap dan tim. Tujuannya kami mengumpulkan informasi dan masukan kepada insinyur untuk mengembangkan motor Hnda di MotoGP," ungkap Repsol Honda melalui pernyataan resmi.

Uji coba menggunakan sasi dan geometri baru, mesin masih pakai yang lama

Marquez mengatakan, gaya berkendara motor Honda ini sangat berbeda, tapi masih mengalami kendala yang sama. "Masalahnya kurang lebih sama, artinya kami perlu bekerja lebih keras lagi," ungkap Marquez.

Menurutnya tidak ada perbedaan yang signifikan antara Honda RC213V yang digunakan balapan tahun ini dengan yang tengah di uji coba. Sebab, mesin yang digunakan masih sama, meskipun pakai sasis dan geometri baru.

Baca Juga: Hasil MotoGP San Marino 2023: Jorge Martin Kembali Asapi Bagnaia Dan Bezzecchi

"Posisi ridingnya agak berbeda. Awalnya agak aneh, tapi kemudian lap demi lap, seperti halnya motor baru, menjadi lebih natural. Tapi pada akhirnya, cara berkendara, cara mencari waktu putaran, sangat mirip dengan yang sekarang," jelas Marquez.

Sementara itu, Joan Mir, menambahkan setiap perbaikan dari Honda sangat diharapkan. Namun, dia mengaku perubahannya tidak signifikan.

"Mungkin jika Honda tidak membawa mesin baru apa pun ke sini, berarti perubahan yang mereka bawa tidak akan terlalu besar karena jika motor baru, sasis baru, tetap dengan mesin yang sama, berarti perubahannya tidak terlalu besar," kata Mir.