POPULAR STORIES

Masuki Usia 120 Tahun, Mercedes-Benz Ternyata Berasal Dari Nama Wanita

Masuki Usia 120 Tahun, Mercedes-Benz Ternyata Berasal dari Nama Wanita Mercedes 1902 (MB)

KabarOto.com - Produsen mobil asal Jerman, Mercedes-Benz, baru saja merayakan ulang tahun yang ke 120, pada tanggal 2 April 2020.

Memiliki perjalanan yang cukup panjang, membuat Mercedes-Benz menjadi salah satu produsen kendaraan yang melegenda.

Rasanya, tidak banyak perusahaan yang dapat merayakan kesuksesan satu abad di industri otomotif. Tetapi, Mercedes-Benz bisa melakukannya. Sejarah Mercedes-Benz sendiri dimulai dari seseorang yang bernama Emil Jellinek.

Baca Juga: Porsche 911 Turbo 3.0 Dijual Legonya Sob, Mirip Aslinya Loh

Ia adalah pengusaha asal Austria, yang kemudian bermukim di Perancis dan menjadi distributor mobil produk Daimler-Motoren-Gesellschaft (DMG).

Pada tanggal 2 April 1900, seorang putri Emil, yang bernama Mercedes Jellinek, berniat ikut sebuah acara balap di Nice, Perancis.

Emil Jellinek, lantas mendaftarkan sebuah mobil Daimler untuk balapan. Namun akhirnya, Emil menamakan mobil balap tersebut sama persis dengan nama putrinya, yang saat itu berusia 11 tahun.

Mercedes Jellinek pada tahun 1904

Putri Emil pun, akhirnya menjalani balap pada awal Maret 1901 menggunakan Mercedes 35 PS. Decak kagum pun terlontar, dari para penonton dan tim balap lain. Karena, Mercedes 35 PS saat itu dikenal memiliki teknologi yang sangat canggih.

Selain itu, Mercedes 35 PS memiliki desain yang dinilai elegan. "Mercedes 35 hp dianggap sebagai prototipe mobil modern. Dengan arsitektur kendaraan progresifnya, 35 PS tersebut telah menjadi model acuan bagi seluruh industri mobil," ujar Paul Meyan, Sekretaris Jenderal Klub Otomotif Perancis.

Sejak saat itu, tulisan "Mercedes" yang melengkung, menghiasi bingkai radiator mobil penumpang Daimler. Selanjutnya, nama itu terdaftar sebagai merek dagang pada 23 Juni 1902 dan secara hukum dilindungi pada 26 September 1902.

Mercedes 40 PS

Setelah Daimler melakukan merger dengan Benz pada Juni 1926, akhirnya merek ini dikenal dengan nama Mercedes-Benz hingga sekarang.

Bisa dikatakan, hingga hari ini Mercedes-Benz merupakan satu-satunya merek otomotif yang menyandang nama wanita.

Baca Juga: Galeri Foto Bus Mercedes-Benz OH 1626 Avante H8

"Wanita seperti Mercedes Jellinek atau Bertha Benz, membentuk kisah sukses Mercedes-Benz sejak awal," kata Bettina Fetzer, kepala Pemasaran Mercedes-Benz AG.

Sebagai langkah mewujudkan inspirasi keduanya, pada 2015 Mercedes-Benz membuat inisiatif She's Mercedes. "Dengan inisiatif She's Mercedes, kami membangun tradisi ini untuk banyak pelanggan wanita kami di seluruh dunia," pungkas Bettina.