POPULAR STORIES

Mau Isi BBM Di SPBU? Perhatikan Hal Ini

Mau Isi BBM Di SPBU? Perhatikan Hal Ini

Kabaroto.com - Mengisi Bahan Bakar Minyak pada mobil terkadang sepele, berhenti, membuka tangki membayar dan kemudian jalan kembali. Namun tahukah anda jika mengisi bahan bakar di SPBU terdapat cara yang baik dalam mengisi bahan bakar yang tujuannya untuk kenyamanan dan keamanan pemilik mobil dan SPBU itu sendiri. Cara mengisi bahan bakar yang baik diantaranya adalah:

1. matikan mesin saat mengisi mobil. Jika mobil menyala maka banyak aliran listrik yang keluar dari aki mengaliri listrik ke berbagai komponen, termasuk juga busi yang memercikan api. Nah ini yang harus diperhatikan, sepanas apapun udara saat mengisi SPBU maka mesin harus dimatikan, agar listrik yang mengaliri komponen mobil tidak aktif.

2. Menggunakan ponsel di SPBU juga tidak disarankan. Karena pengemudi yang ponsel akan mengalihkan perhatiannya tidak fokus pada situasi di SPBU yang kemungkinan besar dapat membahayakan orang-orang sekitar dan juga dirinya.

3. Mengisi baterai ponsel. Mengisi daya ponsel didalam mobil saat mengisi bahan bakar cukup berbahaya, karena biasanya power yang digunakan untuk mengisi ponsel terdapat di pemantik api, yang bisa saja mengeluarkan percikan api. Selain itu listrik juga lebih banyak dialokasikan untuk penerangan mobil, AC serta audio. Kondisi tersebut sering memicu timbulnya ledakan ponsel yang pada akhirnya merambat kebagian lain mobil yang rawan percikan api atau sumber panas lain.

4. Jangan mengisi Bahan Bakar Terlalu Penuh. Mengisi bahan bakar terlalu penuh dapat berbahaya, karena mengisi bahan bakar full ternyata dapat merusak mobil. Karena bahan bakar membutuhkan udara, selain itu juga agar tidak menguap. Nah jika mengisi bahan bakar disarankan agar tidak full tank agar ada space antara bensin dan leher tangki.

Tangki bensin membutuhkan ruang agar bensin bisa mengembang. Setiap tangki bensin kendaraan selalu dilengkapi dengan lubang hawa. Lubang ini berfungsi untuk mengurangi tekanan yang dihasilkan BBM saat ada di dalam tangki bensin. Bila seluruh ruang tangki dipenuhi dengan bensin, maka gas yang timbul hasil ekspansi BBM akan keluar dari tangki melalui selang, sehingga BBM terbuang percuma. Nah uap gas ini sangat berbahaya bagi kesehatan.