POPULAR STORIES

Mau Musim Hujan Nih, Pilih Paket Detailing Motor Yang Mana?

Mau Musim Hujan Nih, Pilih Paket Detailing Motor yang Mana? konsumen biasanya pun bingung memilih paket detailing mana yang cocok untuk kendaraan kesayangannya (Foto: Kipli)

KabarOto.com - Tingkat kepedulian pemilik kendaraan pada kebersihan kendaraan kesayangannya makin tinggi, itu juga alasan para detailer membuka gerai-gerai mereka di setiap penjuru kota. Bahkan paket yang ditawarkan pun cukup bervariasi.

Karena itu, konsumen biasanya pun bingung memilih paket detailing mana yang cocok untuk kendaraan kesayangannya. Nah, karena rentang harga yang bervariatif, KabarOto ingin sedikit menjelaskan mengenai detailing kelas menengah dan premium.

Pertama, detailing dengan paket cuci, poles, wax, dengan coating yang berkisar di harga Rp 150 ribu, biasanya
pasiennya juga motor Modern Vespa sampai kelas 250cc.

"Dicuci bersih dulu, didiamkan atau dijemur sampai kering dulu baru kita compound agar meresap dan sampai halus," ujar Koco, punggawa VBSD di kawasan Cilenggang, BSD, Tangerang Selatan.

Baca Juga: Begini Cara Merawat Mobil Berkelir Hitam

"Kalau sudah halus dan warnanya mulai keluar, baru dipoles lagi pakai Silicone Glaze biar makin keluar warnanya dan enggak kusam, finishingnya baru kita coating," jelas pria yang juga menerima jasa pengecatan itu.

Sedangkan detailing premium memang punya proses lebih panjang dan biaya lebih tinggi, "Sebenarnya kita mengerjakan semua jenis motor dan mobil, mengerjakan Yamaha Mio atau Kawasaki H2 juga proses dan materialnya sama kok," ujar Andri Yanto 'Lemonmon', punggawa PDV Detailing Serpong, Ruko Mendrisio, Tangerang.

"SOP untuk pengerjaan motor dibongkar sampai tinggal mesin sama rangka, pertama cuci bersih, detailing plus poles, rakit bodi, detailing lagi plus cleaning debu dan poles, Semprotin alkhohol, dan finishing pakai coating," beber
pemilik BMW E30 Supercharger itu.

Untuk biaya sendiri, Andri mematok di kisaran Rp 650 ribu hingga Rp 2 juta, "Tergantung dimensi motor dan jumlah
lapisan coating yang di aplikasikan," ujarnya.

Nah gimana? sekarang Sobat KabarOto pastinya lebih mudah menentukan pilihan kan untuk kendaraan kesayangannya?

Baca Juga: All New Civic Turbo Pakai Air Suspension, Ini Yang Perlu Diperhatikan