POPULAR STORIES

Mau Tahu 6 Motor Yamaha Legendaris Era 80-90? Berikut Rangkumannya

Mau Tahu 6 Motor Yamaha Legendaris Era 80-90? Berikut Rangkumannya Namun hingga kini motor-motor legendaris tersebut masih suka terlihat di jalan raya Ibu Kota. (Foto: Screenshoot Yamaha)

Mungkin Bro and Sist yang lahir di tahun 80 atau 90 pernah mengenai motor-motor yang di era tersebut menjadi primadona. Yamaha, Suzuki dan Honda punya brand hebat di tahun tersebut. Motor 2 tak sampai 4 tak pun banyak menghiasi jalan raya. Seperti apakah sosok motor tua alias motor Yamaha jadul ini?

Ya, saat itu mesin motor yang paling tinggi 135cc atau di bawah 150cc. Namun hingga kini motor-motor legendaris tersebut masih suka terlihat di jalan raya Ibu Kota. Dengan kondisi mulus dan juga dengan kondisi yang seadanya (tak terawat dengan baik).  Kini, media online kabaroto akan menurunkan berita motor tua Yamaha alias legendaris.

Mau tahu motor-motor Yamaha apa saja yang pernah jaya di tahunnya? Media online KabarOto mengambil dari berbagai sumber motor-motor Yamaha klasik yang sudah tidak di produksi lagi

Yamaha Force 1
Motor jenis bebek dua tak ini di produksi oleh Yamaha tahun 1992–2003 dengan kapasitas mesin, 110 CC. Saat itu sangat digemari oleh kalangan muda dan laku keras di pasaran. Apalagi saat generasi Force 1 yaitu F1ZR keluar, motor ini banyak beredar di semua daerah di seluruh Indonesia. Saat itu motor ini dibanderol dengan harga Rp2 juta sebelum krisis moneter pada tahun 1998.

Yamaha RX-Z
Siapa yang tidak kenal dengan motor yang terkenal di era 80an sampai 90 akhir ini? Ya, Yamaha RX–Z merupakan motor berjenis sport yang dibuat oleh Yamaha pada tahun 1987-2004. Motor yang memiliki dapur pacu 135cc ini memiliki model yang keren, tangguh membuat motor ini banyak diminati kalangan muda pecinta motor sport saat itu. Kini motor ini masih suka berkeliaran di jalan raya, dengan tampilan orisinil atau telah dimodifikasi. Harga motor ini pada tahun 1995 ada dikisaran Rp3,5 juta.

Yamaha RX King
Nah motor yang satu ini sampai saat ini masih menjadi legenda. RX-KIng seakan tak ada matinya. Karena semakin lama semakin banyak dicari keberadaannya bukan hanya oleh generasi 90an, generasi 2000 juga mencintai motor ini. Dengan balutan mesin 135cc dan dirakit pada tahun 1983-2001 motor ini sempat menjadi negatif imagenya, karena saat itu masyarakat melihat motor ini ada di ajang balap liar. Belum lagi anggapan motor ini menjadi motor para jambret untuk melakukan kejahatan. Namun anak muda yang kreatif menjadikan motor ini sebagai motor sport yang legenda, banyak komunitas RX-King yang saat ini benar-benar menjadikan motor ini sebagai raja dijalanan. Namun bukan negatif, tapi positif. Pasca krismon 1998 harga motor Rx King di berandol di angka Rp7 jutaan

Yamaha Crypton
Merupakan salah satu motor 4 tak jenis bebek yang di produksi pada tahun 1997-1999 dengan mesin 100cc. Motor ini adalah awal mula lahirnya Yamaha Vega yang sampai saat ini masih di produksi oleh Yamaha. Yamaha Crypton saat itu di banderol dengan harga Rp5 jutaan.

Yamaha Alfa
Merupkan salah satu motor klasik dua tak yang di produksi oleh Yamaha pada tahun 1988-1992 dengan mesin 100cc. Motor ini saat itu banyak digunakan di Ibu Kota dan daerah lainnya. Cukup banyak pula yang menggunakan motor ini saat itu.

Yamaha TZM
Hadir di tahun 1996-1998 dengan mesin 150cc. Saat itu motor ini menjadi produk andalan Yamaha dikelas Sport Fairing yang bersaing dengan Honda NSR, Kawasaki Ninja dan Suzuki RGR. Motor ini lebih mirip motor balap karena desain body dan lekukan tangkinya. Diakhir tahun 90-an harga yamaha TZM diberandol Rp32 jutaan.

Baca Juga: