Mau Tahu Detail Honda BR-V yang Tampil di GIIAS? Berikut Ulasannya

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 28 Aug 2015 - 01:52
Mau Tahu Detail Honda BR-V yang Tampil di GIIAS? Berikut Ulasannya
Berikut Sosok Honda BR-V yang dipamerkan di GIIAS 2015. (Foto-foto: KabarOto/Handaru Pratomo)

Beberapa waktu lalu Agen Pemegang Merk (APM) mobil Honda di Indonesia menunjukkan gambar ilustrasi model crossover baru yang akan dinamai Honda BR-V dan diposisikan berada dibawah Honda HR-V. Dalam Ilustrasi tersebut pun jelas terlihat bahwa BR-V berbagi sasis dengan Brio dan Mobilio namun terkesan memiliki panjang bodi yang lebih pendek. Apakah benar seperti itu penampilan Honda BR-V yang ada di GIIAS 2015?

Dalam pameran GIIAS yang sedang berlangsung di BSD, Honda memajang 2 unit prototipe Honda BR-V berwarna merah dan putih, serta menunjukkan sekilas akan seperti apa bentuk produksi finalnya nanti. Hal pertama yang penulis perhatikan adalah eksterior.

Dalam gambar ilustrasi BR-V beberapa waktu lalu, terlihat bahwa sketsa crossover Honda ini akan memiliki panjang bodi diantara Brio dan Mobilio. Namun setelah melihat unit prototipenya ternyata bodi BR-V memiliki panjang yang sama seperti Mobilio, bahkan harus diakui bahwa profil samping prototipe BR-V pun juga sama seperti Mobilio yang ditinggikan. Memang ada perbedaan cukup kentara seperti bentuk hidung dengan sudut mengotak dan mirip seperti HR-V lengkap dengan lampu sipit dan imbuhan grille 'sayap' chrome, penambahan molding plastik yang menyatu pada bemper depan hingga bemper belakang dan perubahan bentuk pada kaca samping di pilar B dan pilar C. Bentuk desain lampu belakang pun masih mirip seperti yang digunakan oleh Mobilio.

Beralih ke interior, tampak bentuk dasbor BR-V yang mirip seperti Honda Jazz dengan sentuhan aksen warna silver di kisi-kisi AC, frame panel speedometer dan setir, panel AC digital dan model kursi dengan senderan kepala yang terpisah di ketiga baris kursinya, tidak seperti pada Brio dan Mobilio yang memiliki kursi model semi-bucket dengan senderan kepala yang menyatu. Di bagian trim pintu, BR-V memiliki trim berwarna hitam dengan desain kantong yang baru.

Untuk segi mesin, diperkirakan Honda akan melengkapi BR-V dengan mesin sama yang digunakan oleh Mobilio berkapasitas 1.500cc 4 silinder dan sistem katup variabel i-VTEC. Soal harga jual dan kelengkapan trim-nya belum ada informasi pasti, namun bandrol harga BR-V diperkirakan memiliki selisih harga yang tidak terlalu jauh dari Honda Mobilio apalagi mobil ini dalam bentuk tahap produksi final tentunya akan memiliki beberapa perbedaan dibandingkan dengan unit prototipe yang dipajang di GIIAS ini. Menurut informasi dari sales Honda yang berada di GIIAS, BR-V akan diluncurkan secara resmi dalam waktu dekat dan daftar inden pun sudah dibuka. Bro and Sist berminat?

Baca Juga: